Sunday, December 15, 2019
Home > Berita > Kebakaran Tewaskan 30 Orang, Kapolda Sumut Sebut Pemilik Pabrik Korek Gas Abai Aspek Keselamatan

Kebakaran Tewaskan 30 Orang, Kapolda Sumut Sebut Pemilik Pabrik Korek Gas Abai Aspek Keselamatan

Kantong jenazah terkait kebakaran pabrik korek api di Langkat, Sumut. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Langkat) – Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto meninjau langsung lokasi kebakaran pabrik home industry mancis atau korek gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumut, Jumat (21/6) siang. Dia menyatakan jajarannya akan mengusut pihak yang bertanggungjawab atas peristiwa menewaskan 30 orang itu.

“Kita akan melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab di pabrik rumahan ini karena tentunya mengabaikan aspek pengamanan dan keselamatan,” kata Agus.

Jenderal berbintang dua ini menyatakan pengusaha pemilik home industry itu mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan.

“Yang pasti ini kebakaran, tentu sumbernya api, karena pabrik rumahannya ini pabrik korek api tentunya kan akibat gas. Hanya pengusahanya mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan,” tegas Agus.

Berdasarkan hasil pendataan yang telah dilakukan, kata Agus, jumlah korban meninggal dunia dalam peristiwa itu berjumlah 30 orang. Enam di antaranya anak-anak.

“Dari hasil evakuasi terhadap korban, diperkirakan ada sekitar 30 orang meninggal dunia, 6 anak-anak, 24 dewasa. Sementara yang selamat ada 4,” sambung Agus.

Untuk mengetahui identitas korban, tim DVI ditugaskan di RS Bhayangkara Medan. “Nanti kita akan telusuri karena sudah dalam kondisi hangus terbakar, jadi kita akan minta nanti pemeriksaan secara laporan forensik melalui DVI kepolisian untuk mengetahui perorangan daripada korban,” sebut Agus.

Kebakaran terjadi di pabrik home industry mancis atau korek gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV Desa Sambirejp, Kecamatan Binjai, Langkat, Sumut, Jumat (21/6) siang. Sekurangnya 30 orang tewas mengenaskan dalam peristiwa ini.

Seluruhnya terkurung di rumah yang terbakar itu. Tubuh mereka hangus dan sulit dikenali. (L/M/A/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru