Monday, November 18, 2019
Home > Berita > Kebakaran Hutan di Australia, Ratusan Orang Diungsikan

Kebakaran Hutan di Australia, Ratusan Orang Diungsikan

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di dekat kota Drake di New South Wales.(Foto: EPA/BBC News)

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di dekat kota Drake di New South Wales.(Foto: EPA/BBC News)

mimbar-rakyat.com (New South Wales) – Ratusan orang telah dievakuasi dari rumah mereka di Australia timur saat petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api  lebih di 130 titik kebakaran di dua negara bagian.

Para pejabat setempat, seperti dilaporkan BBC News,  mengatakan kebakaran hebat menandai awal terburuk musim panas dalam catatan untuk negara bagian Queensland.

Pada hari Selasa, 58 kebakaran juga menghanguskan sekitar 100.000 hektar di New South Wales yang berdekatan. Sekitar selusin rumah ludes, tetapi para pejabat memuji upaya “pemadam kebakaran.”

Lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran berjuang sepanjang malam pada hari Senin (9/9)untuk mencoba dan menahan front utama di Sunshine Coast Queensland.

Kejadian itutu mengancam rumah-rumah di daerah perumahan Pantai Peregian, dan sejauh ini menghancurkan satu properti.

“Upaya Hercules (pemadan-Red) semalam (dari petugas pemadam kebakaran) menghasilkan keajaiban,” kata Penjabat Perdana Menteri Queensland Jackie Trad pada hari Selasa.

Dia dan para pemimpin politik lainnya mendesak warga untuk mengikuti perintah evakuasi. Lebih dari 400 orang telah dikeluarkan dari rumah mereka karena kebakaran di sepanjang pantai.

Awal minggu ini, Trad juga mencatat dampak perubahan iklim, termasuk “peningkatan suhu”, karena telah meningkatkan risiko kebakaran bagi negara subtropis.

Pada akhir pekan, kebakaran melumat area hutan hujan di tenggara Queensland, yang telah mengering akibat curah hujan yang rendah tahun ini.

Kondisi kering, panas, dan angin hingga 80 km / jam (50 mph) juga memicu kebakaran di daerah pesisir Peregian, yang masih mengancam rumah-rumah pada hari Selasa. Pihak polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki apakah kebakaran awal terjadinya karena sengaja.

Video yang dibagikan secara online menunjukkan bara api yang bertiup ke jalan-jalan di pinggiran kota, dengan penduduk setempat menggambarkan pemandangan seperti “hujan api”.***sumber BBC, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru