Monday, October 14, 2019
Home > Berita > Kapolda Metro Jaya Berganti, Habib Rizieq Segera Pulang

Kapolda Metro Jaya Berganti, Habib Rizieq Segera Pulang

Habib Rizieq. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Sugito Atmo Pawiro, kuasa hukum imam besar FPI Habib Rizieq Shihab menyatakan, kliennya segera pulang ke Tanah Air. Saat ini, Habib Rizieq tengah berada di Arab Saudi selain melaksakan ibadah umrah juga disebut tengah mempersiapkan perlawanan hukum atas kasus yang menjeratnya.

“Insya Allah sebelum Idul Adha (1438 H) sudah pulang,” kata Sugito kepada wartawan, Kamis (20/7).

Dia berharap saat pulang ke Indonesia tidak terjadi keributan atau perlakuan semena-mena dari kepolisian. Sugito menyambut baik pergantian Kapolda Metro Jaya yang semula dijabat Irjen M. Iriawan digantikan Irjen Idham Azis.

Dia juga berharap agar Idham mengedepankan dialog dengan para ulama, aktivis, dan mahasiswa serta menghentikan semua kasus yang menjerat para ulama dan aktivis karena dinilai lebih kental bermuatan politik ketimbang murni pidana.

“Saya kira dengan Kapolda yang baru tidak ada hiruk-pikuk apapun, Habib pulang dengan tenang, dengan damai, dan kepolisian tidak provokatif intinya saling mengerti, saling memahamilah,” ujarnya

Tidak menuduh, tapi Sugito melihat selama ini Iriawan menjabat Kapolda Metro Jaya suasana tidak kondusif. “Sepertinya entah dibuat entah disengaja dan itu menjadi ramai dan itu saat periode Pak Iriawan, semoga setelah ini tidak ramai, harapan kami begitu,” harapnya.

Sugito tidak seratus persen menyalahkan Iriawan sebagai pimpinan Polda Metro Jaya. Hanya kebetulan laporan atas segala tuduhan terhadap aktivis dan ulama dibuat di Polda Metro Jaya dan Iriawan sebagai pejabat utama di Polda Metro Jaya tentunya harus bertanggungjawab atas segala urusan di bawahnya.

“Saya bukan mengatakan ada campur tangan Pak Iriawan tapi terhadap perkaranya Habib Rizieq kebetulan dilaporkan di Polda dan diperiksa di Polda ya, mau tidak mau Kapolda ikut bertanggungjawab lah terhadap permasalahan ini karena jabatannya saja,” ujarnya.

Terhadap Kapolda baru yang akan menjabat, Sugito berharap bisa lebih baik dan tidak pernah mencampuradukkan urusan politik dengan hukum.

“Semoga yang baru bisa mengerti, memahami, bahwa terhadap perkara ini kan kita semua tahu semoga bisa mengambil yang bijak tapi tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku tidak menyalahgunakan wewenang,” tandas Sugito. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru