Monday, September 16, 2019
Home > Berita > Kapal Perang Canggih USS Fitzgerald Tabrakan, 7 Awak Angkatan Laut AS Hilang

Kapal Perang Canggih USS Fitzgerald Tabrakan, 7 Awak Angkatan Laut AS Hilang

Kapal barang ACX Kristal yang bertabrakan dengan kapal perang canggih milik AS, USS Fitzgerald, hanya mengalami kerusakan ringan.(Foto: hak cipta EPA/BBC News)

Kapal barang ACX Kristal yang bertabrakan dengan kapal perang canggih milik AS, USS Fitzgerald, hanya mengalami kerusakan ringan.(Foto: hak cipta EPA/BBC News)

Mimbar-Rakyat.com (Tokyo) –  Tujuh anggota Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)  dinyatakan hilang setelah kapal perang canggih milik AS, USS Fitzgerald, bertabrakan dengan kapal barang berbendera Filipina, ACX Kristal, di lepas pantai Jepang, Sabtu (17/6) waktu setempat, Sabtu dini hari WIB.

Sejumlah awak Angkatan Laut AS cedera, termasuk komandan USS Fitzgerald, yang langsung dibawa  sebuah helikopter rumah sakit. Kapal perang canggih itu bertabrakan dengan kapal kontainer di sekitar 56 mil laut (104km) selatan-barat dari Yokosuka.

Menurut laporan BBC News, komandan kapal, Cdr Bryce Benson, berada dalam kondisi stabil dan dirawat di US Naval Hospital Yokosuka. Menurut pejabat Angkatan Laut (Armada 7 AS) melalui Twitter,  dua pelaut lainnya diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit untuk perawatan  laserasi dan memar.

USS Fitzgerald saat ini berada di bawah kendali dan  diyakini tidak berisiko tenggelam. Kapal itu sekarang dalam perjalanan ke Yokosuka dalam kecepatan terbatas. Wilayah di mana musibah berlangsung merupakan sangat sibuk di Teluk Tokyo.

USS Fitzgerald adalah salah satu kapal perang paling canggih di dunia – dengan sistem radar yang sangat canggih. Saat ini fokus keigatan adalah pencarian para pelaut yang hilang. Selanjutnya akan dilakukan penyelidikan bagaimana salah satu kapal perang paling canggih di dunia gagal  menghindari tabrakan dengan kapal kargo 30.000 ton saat laut tenang dan malam yang cerah.

Menurut penjaga pantai, seperti dikutip BBC News dari siaran NHK Jepang, kapal kontainer ACX Kristal berbendera Filipina dan beratnya hanya di bawah 30.000 ton, sekitar tiga kali  dari USS Fitzgerald, telah diibawa ke pelabuhan. Kapal ini hanya mengalami kerusakan ringan.   .

The Associated Press melaporkan, tidak ada yang cedera diantara awak  ACX Kristal yang memiliki panjang  222 meter (730ft) itu.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru