Thursday, April 26, 2018
Home > Berita > Kadin Qatar Dukung Keterlibatan Indonesia dalam Piala Dunia 2022

Kadin Qatar Dukung Keterlibatan Indonesia dalam Piala Dunia 2022

Pertemuan para petinggi di Qatar. (bd)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha, Qatar) – Misi Kadin membuahkan berbagai kesepakatan untuk ditindaklanjuti dengan transaksi dagang, pengembangan program keamanan pangan (food security) yang menjadi prioritas Qatar, serta pengembangan start ups dan UKM guna mendorong upaya diversifikasi ekonomi Qatar.

Demikian disampaikan Hendra Hartono, Ketua Indonesian-Qatar Business Council (IQBC) ketika diterima Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi pada 11 Desember 2017.

Disampaikan pula bahwa pelaku usaha Qatar mendukung pengusaha Indonesia berpartisipasi dalam persiapan World Cup 2022 di Qatar. “Qatar Chamber of Commerce (QCC) mendukung keterlibatan Indonesia dalam pembangunan sarana dan persiapan Piala Dunia FIFA World Cup 2022,” ujarnya.

Kunjungan pelaku usaha tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke Indonesia bulan Oktober lalu yang membawa misi ekonomi dan investasi.  Delegasi Kadin dipimpin oleh Helmy Shebubakar, Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Komite Tetap Timur Tengah yang berkunjung ke Qatar pada 9-11 Desember 2017.

Dalam sambutannya, Dubes Basri menyambut hangat kunjungan delegasi Kadin guna meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara. “Saya mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang pasar guna mengisi pasokan berbagai produk di Qatar akibat adanya blokade dari negara-negara tetangga Qatar,” ungkap mantan anggota DPR ini.

Pengusaha yang tergabung dalam misi dagang ini berjumlah sekitar  23 orang terdiri dari berbagai sektor usaha seperti makanan, minuman, sepatu industri (safety shoes), furnitur, farmasi, pakaian militer, properti, spa dan kosmetik, alat peraga pendidikan, kontraktor sipil dan lansekap, ban mobil, pertambangan emas, suku cadang, produk pertanian, konsultasi, obat obatan, tenaga kesehatan, buahan dan sayuran, garmen, tekhnologi pertanian, solar power, investasi dan sektor bisnis lainnya.

Menurut Helmy Shebubakar, misi dagang kali ini, tidak hanya mentargetkan kerjasama dagang, namun juga kerjasama yang lebih luas seperti menjadikan Qatar sebagai pusat distribusi produk dan jasa Indonesia ke negara-negara lain, dan membangun bersama industri yang menjadi prioritas Qatar untuk dikembangkan seperti keamanan pangan dan farmasi.

Menurut Ketua Koperasi Warga Indonesia di Qatar (KWIQ) Supermarket, Kartini Sarsilaningsih yang turut berperan dalam kunjungan ini mengatakan bahwa   misi dagang diterima oleh Kadin Qatar bersama sejumlah 30 pengusaha Qatar dari berbagai bidang.  Pejabat Qatar National Bank (QNB) dari kedua negara pun turut hadir untuk mendukung kelanjutan kerjasama antar kedua negara ini.

Menurut Ketua  Indonesian Business Asscociation in Qatar (IBAQ),  Nurudin, kunjungan pelaku usaha ke Qatar merupakan rangkaian dari kunjungan ke berbagai negara Timur Tengah, seperti Kuwait, PEA dan Qatar. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman kerjasama antara IBAQ dan IQBC​. Sebelumnya pada 9 Desember 2017, bertempat di Wisma Duta telah berlangsung acara pertemuan bisnis pelaku usaha dari IQBC dan IBAQ serta komunitas Diaspora Indonesia di Qatar.

Menurut Minister Counselor KBRI Doha, Boy Dharmawan, selain melakukan pertemuan usaha juga  berkunjung  Grup Hypermarket Lulu dan Hypermarket  Almeera. Kedua hypermarket ini mendominasi pasar ritail Qatar. Sedangkan Grup Lulu selain mendominasi pasar Timur Tengah serta aktif mengembangkan outlet hypermarketnya di Indonesia.

Ditambahkan, pemerintah Qatar tengah gencar melakukan berbagai reformasi ekonomi agar memudahkan para pelaku usaha asing dan lokal untuk membuka membuka usaha. Sebelum krisis Teluk, sekitar 90 persen kebutuhan impornya dipasok melalui negara tetangganya Saudi Arabia, Persatuan Emirat Arab dan Bahrain.  (bd/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru