Tuesday, December 12, 2017
Home > Berita > Jokowi Mengaku Tak Sanggup Merawat Keris Koleksi, Akan Disumbangkan ke Museum di Solo

Jokowi Mengaku Tak Sanggup Merawat Keris Koleksi, Akan Disumbangkan ke Museum di Solo

Presiden Jokowi meresmikan Museum Keris Nusantara, di Surakarta, Jawa Tengah. (ist)

MIMBAR-RAKYAT (Surakarta) – Presiden Jokowi mengaku tidak sanggup merawat keris yang dikoleksinya. Karena itu dia akan menyumbangkan keris tersebut ke Museum Keris Nusantara, yang baru diresmikannya di Surakarta (Solo), Jawa Tengah.

“Saya akan menyumbangkan keris koleksi pribadi untuk Museum Keris Nusantara ini agar dirawat dan dipamerkan,” kata Jokowi saat peresmian, Rabu (9/8).

Menurut Kepala Negara, salah satu keris diberikan Perdana Menteri Belanda juga akan diberikan ke museum ini. “Nanti ketika saya ke Solo, termasuk keris-keris yang saya punya saya simpan di sini saja (museum) untuk dihibahkan, dirawat museum, karena saya tidak sanggup merawat sendiri,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, keris merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai dan filosofi yang tinggi. Bahkan keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia oleh UNESCO di tahun 2005.

“Artinya, walaupun kita berupaya mengejar kemajuan tapi kita tidak boleh tercerabut dari tradisi, tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa. Untuk itu sudah seharusnya kita terus menjaga, melestarikan warisan budaya bangsa, termasuk keris,” ucapnya.

Presiden menyampaikan, pengunjung nantinya bukan hanya akan bisa menyaksikan keindahan hasil karya para Empu Keris di masa lalu, tetapi juga bisa meresapi filosofi dari setiap keris yang dihasilkannya.

“Tapi ingat selalu bahwa museum dan sejarah adalah jendela kita menatap masa lalu, untuk melangkah optimis menyosong ke masa depan,” terangnya.

Hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Adapun Museum Keris Nusantara berlokasi di Jl. Bhayangkara, Surakarta. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru