Friday, February 28, 2020
Home > Politik > Jokowi-JK Jadi Pilihan

Jokowi-JK Jadi Pilihan

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pasangan nomor 2 pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014,  lebih memiliki peluang untuk meraih kemenangan dibanding pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Hasil survei terbaru Populi Center, yang diumumkan di Jakarta, Rabu (4/6),  menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan koalisinya itu masih menjadi pilihan rakyat.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka di 33 provinsi, terhitung sejak  24 Mei hingga  29 Mei 2014. Survei mencakup 1.500 responden yang dipilih secara acak bertingkat,  margin of error kurang lebih 2,53 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pasangan Jokowi-JK mendapatkan elektabilitas 47,5 persen, sementara Prabowo-Hatta mendapatkan 36,9 persen. Berdasarkan hasil survei hanya 1,2 persen responden yang menyatakan akan golput alias tidak memilih. Sementara 14,4 persen menyatakan belum menjatuhkan pilihan.

“Kedua pasangan masih memiliki peluang menang, karena perbedaannya tidak terlalu jauh,” ujar Chairman Populi Center, Nico Harjanto, di Jakarta, Rabu (4/6). Pilpres akan dilaksanakan 9 Juli 2014.

Penampilan dalam kampanye, dikatakan akan jadi penentu pasangan mana yang akan menjadi pemenang. Kedua belah pihak sama-sama memiliki peluang, apalagi jika berhasil meyakinkan pemilih suara mengambang yang jumlahnya mencapai 15 persen.***Eank

Ilustrasi: Jokowi dan Jusuf Kalla (www.pemilu.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru