Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Jokowi dan Iriana Disambut Besan Tarian Tor-tor di Acara Kahiyang-Bobby

Jokowi dan Iriana Disambut Besan Tarian Tor-tor di Acara Kahiyang-Bobby

Jokowi dan Iriana saat disambut tor-tor mundur. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Medan) – Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di lokasi puncak acara Adat Mata Ni Horja pernikahan Kahiyang-Bobby, disambut besan dengan upacara adat Mandailing.

Setelah dibrifing pembawa acara, Jokowi dan Iriana disambut dengan tarian Tor-tor mundur sebagai penyambutan kehormatan.

“Bapak disambut secara adat, sebagai tokoh terhormat,” kata pembawa acara. Lalu, pihak adat memberikan sejumlah persyaratan, di antaranya sirih, kepada Jokowi dan Iriana.

Sirih sudah diterima, para tokoh menyambut di depannya dengan berbaris menyamping, lantas membawakan tarian Tor-tor mundur. Mereka manortor sambil mundur terus, sementara Jokowi berjalan maju mengikuti para manortor mundur tersebut.

Sejumlah penari lak-laki membawa pedang terus membawakan tarian, diiringi dengan suara nyanyian adat Mandailing, dalam jalan yang cukup jauh.

Disamping dan di belakang Jokowi, ada pasukan hulubalang mengiringi rombongan. Ada payung khusus dibawa untuk Jokowi dan Iriana.

Tamu undangan sudah berdatangan di arena puncak pesta pernikahan Kahiyang Ayu–Bobby Nasution di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR-Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11). Acara itu sendiri dimulai pukul 09:00.

Pagi ini Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sudah tampak hadir di acara Mata Ni Horja atau puncak pesta adat pernikahan tersebut. Kedatangannya disambut keluarga besar Nasution.

Berikutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sudah akan datang, disambut Menko Luhut. Jokowi mengenakan peci hitam, jas hitam, dan songket motif didominasi warna merah. Ibu Iriana juga mengenakan busana dominasi merah.

Keluarga dari Solo sudah berdatangan, menggunakan batik, dipadukan dengan busana khas Mandailing. Ke tempat arena , tampak mobil khusus (golfcar) mengankut mereka.

Dalam adat ini nanti kalau Jokowi sudah datang, diulosi dan disambut dengan musik Gordang Sembilan, sebagaimana adat Mandailing.

Saat hadir di lokasi, Luhut mengenakan setelan jas warna hitam dan memakai ulos di bahu dan pinggangnya serta peci warna hitam. Sedangkan istrinya, Devi Simatupang, memakai kebaya warna merah dan ulos.

Luhut dan istri kemudian masuk ke lokasi acara. Dia tampak berbincang dengan sejumlah tamu lain yang lebih dulu hadir. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru