Wednesday, July 08, 2020
Home > Ekonomi > Jerat Kontrak Gas Dengan Tiongkok Terurai, Harga Gas Tangguh Naik

Jerat Kontrak Gas Dengan Tiongkok Terurai, Harga Gas Tangguh Naik

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta)  – Pemerintah akhirnya merampungkan negosiasi ulang harga jual gas alam cair (LNG) Tangguh, Papua, ke Fujian, Cina. Disepakati, harga ekspor gas akan naik secara bertahap mulai 1 Juli 2014 hingga 2017. Sehingga harga yang saat ini berlaku, maksimal US$ 3,3 per MMBTU,naik menjadi US$ 8 per Juli 2014 dan bisa naik 300 persen pada 2017.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan, di Jakarta 1/7/2014 ,dengan asumsi harga minyak Japan Crude Cocktail (JCC) sebesar US$ 100 per barel, harga ekspor gas ke Fujian akan naik menjadi US$ 8 per juta british thermal unit (million british thermal unit/MMTBU) per Juli 2014. Harga akan kembali naik menjadi US$ 13,3 per MMBTU pada 2017.)

Jero menuturkan ada dua poin yang diubah dalam formula harga ekspor gas ke Fujian, sehingga harga yang saat ini berlaku, maksimal US$ 3,3 per MMBTU, bisa naik 300 persen pada 2017. Pertama, kedua belah pihak sepakat mencabut batas atas harga minyak yang selama ini dipatok maksimal US$ 38 per barel.

Selama ini, meski harga minyak dunia telah menembus US$ 100 per barel, Indonesia tak menikmati kenaikan harga LNG dari ekspor ke Fujian karena ada batas atas JCC. “Batas atas harga dihapuskan, jadi harga patokan JCC dibiarkan mengambang. Ini faktor luar biasa,” tutur Jero
Perjanjian Tahun 2002
Dalam perjanjian antara Indonesia dan Tiongkok tahun 2002 , harga jual gas Tangguh sangat rendah yaitu US$ 2,7 per mm British Thermal Unit (MMBTU) dengan harga minyak dunia hanya US$ 38 per barel untuk 25 tahun.

Nilai kontrak tersebut tak lagi relevan,  karena harga jual gas dalam negeri saja sudah mencapai US$ 9,5 sampai US$ 13 per MMBTU. Selain itu, harga minyak dunia kini sudah menyentuh angka US$ 100 per barel, sehingga Indonesia sangat rugi jika hanya menjual gas Tangguh.

Meski harga naik bertahap cukup tinggi, harga ini baru berlaku untuk LNG yang dikirim mulai paruh kedua 2014. Sebelumnya, pemerintah berharap harga baru ini bisa berlaku surut untuk pengiriman LNG sejak 2013.

Tim Renegosiasi Perjanjian Penjualan dan Pembelian LNG Tangguh yang didasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 10 Tahun 2013 akan menyelesaikan negosiasi tahun ini. Adapun harga LNG Tangguh tersebut diyakini bakal naik hingga 400 persen dari keputusan semula. (Ais)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru