Monday, October 21, 2019
Home > Berita > Jemaah Haji Indonesia Mulai Tinggalkan Madinah Menuju Mekkah

Jemaah Haji Indonesia Mulai Tinggalkan Madinah Menuju Mekkah

Jumlah jemaah yang meninggal di Madinah Al Munawwarah sudah 8 orang, semuanya telah dimakamkan di Madinah.

Mimbar-Rakyat.com (Madinah) – Jemaah haji Indonesia gelombang pertama tujuan Madinah mulai Sabtu (5/8) diberangkatkan menuju Mekkah. Hingga Jumat (4/8) tercatat telah 47.899 jemaah haji Indonesia berada di Kota Madinah.

Jamaah yang diberangkatkan ke Mekkah melakukan umrah qudum setelah sebelumnya melakukan niat umrah di miqat Bir Ali (abyar ‘ali). Menurut Amin Handoyo, Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, seperti dilaporkan https://haji.kemenag.go.id, ada 1 kloter dengan 393 jemaah yang akan berangkat ke Makkah pada hari pertama, Sabtu (5/8).

Pergerakan dikoordinasikan dengan Muasasah Arab Saudi, baik itu terkait pengawasan maupun input data. “Semua data diinput, dipastikan dokumennya sudah beres atau belum kemudian waktu pendorongan tidak melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, kalau ada jemaah sakit maka pasport dipisah dengan lain, nanti jemaah itu akan dievakuasi secara terpisah,” ungkap Amin dikantor haji Indonesia Madinah.

Amin mengingatkan pada jemaah untuk bersiap, karena sebelum jadwal berangkat ke Mekkah, bus bagi jemaah tiba 4 jam lebih awal, sehingga koper diharapkan sudah  di dalam bus. “Koper jemaah minimal sudah diturunkan di lobi, sehingga ketika bus datang, tasnya bisa dimasukkan dalam bagasi. Waktunya ini jam 17.00 Waktu Arab Saudi,” urainya.

Memasuki hari ke delapan kadatangan gelombang pertama di Madinah, Jumat (4/8), tercatat telah 47.899 jemaah haji Indonesia berada di Madinah. Jumlah itu terdiri dari 47.309 jemaah dan 590 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 118 kelompok terbang yang berangkat dari Tanah Air sejak 28 Juli 2017 dan mendarat di Bandara Internasional Prince Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Fase pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama masih akan  berlangsung hingga 12 Agustus 2017.

Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah menginformasikan bahwa ada satu jemaah kloter lima Embarkasi Jakarta–Pondok Gede (JKG 05) yang meninggal di Madinah. Almarhum berasal dari Kota Tangerang Selatan, Banten. Jemaah atas nama Sarnata Sarun (75) asal JKG 05 wafat 3 Agustus karena serangan jantung.

Satu lagi jamaah yang baru meninggal adalah Amnah Hasri Husin binti Husin (49). Jemaah kloter 4 embarkasi Medan (MES 04) ini meninggal Jumat  pukul 03.00 waktu Arab Saudi karena serangan jantung di hotelnya. Almarhumah berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Jumlah jemaah yang meninggal di Madinah Al Munawwarah sudah 8 orang, semuanya telah dimakamkan di Madinah. Sebelumnya, ada enam jemaah haji Indonesia yang dilaporkan wafat di Daerah Kerja Madinah, yaitu:

  1. Ilebbi binti Jinatta Lepu (UPG 08), wafat 3 Agustus 2017 jam 16.16 WAS di pelataran Masjid Nabawi karena serangan jantung;
  2. Hadiarjo Singarejo Singaleksana Kasenet bin Singarejo Kasenet (SOC 01), wafat 3 Agustus 2017 jam 13.00 WAS di hotel karena serangan jantung;
  3. Sukamto bin Sudarman Muryadi (JKS 16), wafat 3 Agustus 2017 di RS Al Anshoor, karena serangan jantung.
  4. Indriyani Wahadi Wiyono (SOC 02), wafat 2 Agustus 2017 di RS Al Anshoor, karena penyakit jantung.
  5. Agus Salim Mulia Siregar (MES 02), wafat 1 Agustus 2017, karena trauma pada tulang leher disebabkan terjatuh.
  6. Umi Nadiroh Yunus Husen (SUB 05), wafat 31 Juli 2017 di RS Al Anshoor, karena mengalami serangan jantung.***eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru