Wednesday, September 18, 2019
Home > Berita > Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan di Tanah Air

Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan di Tanah Air

Jemaah Haji Indonesia pulang. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Jemaah haji Indonesia mulai berdah Air setelah melaksanakan rukun Islam kelima di Arab Saudi. Kloter pertama jemaah haji yang tiba di Indonesia adalah melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/8) pukul 22:15 WIB.

Kepala Seksi Angkutan Udara Otoritas Bandara Wilayah I Jeppi Irawan menuturkan terdapat 410 jamaah haji kloter pertama yang tiba diangkut oleh pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5606.

“Malam ini kloter pertama penerbangan Saudi Arabia SV 5606 jadwal pukul 22:15, tiba 410 penumpang,” kata Jeppi di Terminal Kedatangan 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (17/8) malam.

Kloter pertama tersebut merupakan jamah haji dari wilayah Jabodetabek.

Jeppi menyebutkan pihaknya menurunkan sejumlah personel, seperti inspektur keamanan penerbangan, inspektur angkutan udara, dan inspektur kelaikan pesawat udara.

Dia mengatakan ini adalah tahun kedua pemeriksaan imigrasi dilakukan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta setelah sebelumnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setelah tiba di Indonesia, Jeppi mengimbau para jemaah haji untuk memeriksakan kesehatan melalui Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji apabila ada gejala demam dan flu dalam waktu dua minggu.

Jamaah juga dicek dengan pengukur suhu tubuh otomatis sebagai informasi awal kondisi mereka saat kepulangan.

Petugas Kantor kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Imam Sjahbandi mengatakan virus yang diwaspadai adalah virus korona yang menyebabkan flu unta.

“Flu unta ini tidak seperti flu burung yang hanya menular dari hewan ke hewan, tapi bisa dari manusia ke manusia,” katanya.

Total jumlah jamaah haji reguler yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter). (C/d)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru