Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Jam Pelajaran, Atap Gedung SMPN 4 Kota Bekasi Ambruk

Jam Pelajaran, Atap Gedung SMPN 4 Kota Bekasi Ambruk

Atap ruang laboratorium SMPN 4 Kota Bekasi ambrol. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.COM (Bekasi) – Siswa SMPN 4 Kota Bekasi di nyaris menjadi korban ambruknya atap ruang Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolahnya, Senin (28/11) pagi. Beruntung mereka keburu dievakuasi sehingga lolos dari maut.

“Runtuhnya sekitar pukul 08.20. Ruang laboratorium ini sudah lama dikosongkan. Tapi, runtuhan ini mengakibatkan atas ruang Kelas VIII-6, ikut ambruk. Berutung sebelum kejadian ruang kelas ini dikosongkan sehingga atap yang ambrol tidak menimpa siswa,” ujar Kepala Sekolah Heri Wahyudi.

Menurutnya, robohnya atap sekolah di Jl. Komando Raya, Perumnas 2, Kayuringin Jaya Kecamatan Bekasi Selatan, disebabkan bangunan yang telah rapuh dan diguyur hujan sejak subuh. Dulunya, sebagai ruangan Laboratorium IPA. Sejak diketahui, rangka kayu atap sudah rapuh, pihak sekolah mengosongkannya.

“Sudah direncanakan direnovasi tapi keburu roboh,” ujarnya. Pantauan di lokasi, ruang kelas yang sudah berdiri sejak 1986 ini, kondisi atapnya sudah banyak lapuk sehingga rentan roboh. Ayundita, satu siswa, mengatakan sempat kaget saat belajar di samping ruang mendengar suara gemeretak. “Suaranya seperti gempa bumi,” katanya.

Sementara Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang meninjau ke lokasi mengungkapkan, puhaknya segera membangun atap yang roboh. “Bangunan sekolah sudah tua. Ini kejadian ‘force majeure’ yang penanganannya didahulukan,” ujarnya..

Meski begitu, kegiatan belajar mengajar terutama pelaksanaan ulangan umum yang segera berlangsung tidak terganggu. “Pemkot tidak menyediakan dana perawatan sekolah dan biasanya dananya diambil dana BOS. Semoga saat pelaksanan ulangan umum nanti tetap berjalan baik pasca kejadian ini,” katanya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru