Tuesday, October 22, 2019
Home > Berita > Jalan Tol Trans Jawa Gratis Selama Natal dan Tahun Baru

Jalan Tol Trans Jawa Gratis Selama Natal dan Tahun Baru

Jalan Tol Trans Jawa. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019 pengguna jalan boleh bergembira. Sebab operator jalan tol akan menggratiskan tarif terhadap sejumlah ruas jalan tol baru yang akan beroperasi secara fungsional.

“Tol Merak hingga Pasuruan dengan panjang 901,03 kilometer sudah bisa digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru,” kata Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, Selasa (18/12).

Bahkan, ia mengungkap beberapa ruas di jalur Tol Trans Jawa segera beroperasi. Terkait dengan beroperasinya ruas jalan tol ini, para pengguna jalan tidak akan dikenakan tarif alias gratis.

Menurut Subakti, beberapa ruas tol yang akan digratiskan di antaranya Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali) -Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono dan Pasuruan-Probolinggo.

Jadi saat libur Natal dan Tahun Baru, pengguna kendaraan yang melintas di ruas jalan tol tersebut tak dikenakan tarif.

“Pengenaan tarif kepada pengguna jalan tol kemungkinan baru akan dikenakan pada Januari tahun depan,” jelasnya.

Rencana beberapa ruas tol yang digratiskan tersebut akan diresmikan Presiden Jokowi pada 20 Desember ini. “Setelah diresmikan Presiden Jokowi, malam harinya, ruas tol tersebut langsung dioperasikan,” kata Subakti.

SUMATERA

Tak hanya di Jawa, beberapa ruas tol di Sumatera dan Sulawesi juga akan digratiskan saat Natal dan Tahun Baru. Di Sumatera, ruas tol yang digratiskan yakni Sei Rampah-Tebing Tinggi.

Sedangkan di ruas tol di Sulawesi yang digratiskan adalah Tol Manado-Bitung Segmen Sukur-Danuwudu. (p/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru