Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Jakarta Siaga, Ada ‘Kiriman’ Air dari Bogor

Jakarta Siaga, Ada ‘Kiriman’ Air dari Bogor

Bendung Katulampa. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Jakarta siaga, ada kiriman air dari Bogor. Karena kondisi di Bendung Katulampa, Bogor siaga 3 pada Minggu (25/2) petang.

Dengan kondisi ini, air dari Bendung Katulampa itu akan sampai di Ibukota Negara sembilan jam kemudian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada pukul 15:00 WIB, tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa mencapai 30 cm/hujan (siaga 4). Kemudian pukul 15.30 WIB, TMA mencapai 50 cm/hujan (siaga 4). Kemudian pukul 16.00 WIB, TMA mencapai 80 cm/Hujan atau siaga 3.

Pada pukul 16.20 WIB, TMA meningkat hingga mencapai 90 cm/gerimis dengan kondisi tetap siaga 3. Kondisinya terus meningkat hingga pukul 17.00 WIB, TMA 100 cm/gerimis siaga 3.
“Siaga 3 tidak ada banyak berdampak masih aman,” katanya.

Meski begitu, kondisi tersebut tetap harus antisipasi khususnya wilayah-wilayah yang menjadi lintasan Sungai Ciliwung. Karena air dari Katulampa, sekitar 6 sampai 9 jam ke depan air akan masuk wilayah Jakarta seperti Rawa Jati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, ebon Baru. Kemudian Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

“Kami sudah lakukan penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantara kali atas Kenaikan Tinggi Muka Air, begitu juga melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp dan Website,” kata Sutopo.(joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru