Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Jagonya Ayam Posisi Kelima di Le Mans Eropa

Jagonya Ayam Posisi Kelima di Le Mans Eropa

Kendaraan Tim Jagonya Ayam sedang meluncur di lintasan Sirkuit Silverstone, Sabtu. (seangp)

MIMBAR-RAKYAT.com (Silverstone) – Meski terkendala dengan masalah ban depan sepanjang balapan, trio pebalap tim Jagonya Ayam, Sean Gelael, Antonio Giovinazzi dan Mitch Evans, masih mampu menyelesaikan lomba di posisi lima besar Le Mans Series Eropa di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (16/4).

Hasil ini cukup positif dan memberi pengalaman berharga bagi para pebalap sebelum tampil di ajang GP2 mulai 15 Mei 2016 mendatang.

Trio pebalap Jagonya Ayam yang bernaung dengan tim asal Rusia SMP Racing memulai balapan dengan bagus. Sean yang tampil sebagai pebalap pertama dan start dari posisi keenam, bisa menyodok ke posisi ketiga. Namun, beberapa lap kemudian kecepatan mobil Sean mulai terkejar pebalap lain karena ada masalah pada ban depannya.

Beberapa lap kemudian, Sean terpaksa masuk pit stop lebih awal dibanding pebalap lainnya untuk memperbaiki kendala itu. Namun, tim engineer berbuat kesalahan fatal dengan menunda penggantian ban depan. Sean pun mesti kembali ke pit satu lap kemudian yang membuatnya kehilangan waktu hingga 1 menit 32 detik.

Saat kembali ke lintasan, posisi Sean sudah tercecer di luar sepuluh besar. Beruntung, perlahan-lahan Sean bisa menyusul pebalap lain hingga menempati posisi delapan.

Dalam lomba ketahanan selama empat jam ini, tim Jagonya Ayam awalnya memakai strategi dengan formasi pebalap Sean Gelael, Mitch Evans, dan Antonio Giovinazzi. Strategi ini dipilih karena Sean dan Antonio berfungsi sebagai “sprinter”, sedangkan Evans sebagai penjaga keseimbangan kecepatan di tengah balapan.

Namun, strategi ini berubah dengan menempatkan Antonio sebagai pebalap kedua karena kebetulan ukuran kursinya sama dengan Sean. Itu berguna untuk memangkas waktu saat pergantian pebalap.

Antonio pun sukses menaikkan posisi tim di posisi empat besar sampai satu setengah jam sebelum balapan berakhir. Bahkan setelah pergantian pebalap, Mitch masih bisa menjaga posisi itu sampai di penghujung balapan.

Trio pebalap tim Jagonya Ayam tampil di Le Mans Eropa di Silverstone, Inggris, Sabtu waktu setempat dan berada di urutan kelima. (seangp)
Trio pebalap tim Jagonya Ayam tampil di Le Mans Eropa di Silverstone, Inggris, Sabtu waktu setempat dan berada di urutan kelima. (seangp)

Sayang, masalah ban depan yang dirasakan sejak awal membuat Mitch juga tidak bisa maksimal menggeber mobilnya untuk masuk ke posisi tiga besar. Ia justru kehilangan posisi keempat karena tak mampu mengadang tim Khron Racing yang melaju lebih kencang. Sean dan kawan-kawan pun akhirnya finis di posisi kelima dari 44 peserta.

“Jika tidak ada kendala ban dan kesalahan strategi pit stop, mungkin kami bisa naik podium. Meskipun kurang maksimal, banyak hal yang kami pelajari di ajang Le Mans sebagai bekal menghadapi GP2 bulan depan,” kata Sean.

Secara umum, Direktur Teknik Tim Jagonya Ayam Philippe Gautheron menilai positif penampilan ketiga pebalap itu.

“Tentu ini memberi bekal pengalaman buat mereka, terutama melatih feeling untuk menjaga kecepatan, menyusul kendaraan, serta manajemen waktu,” ujarnya.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru