Tuesday, December 10, 2019
Home > Berita > Irman Gusman Salut Dengan Perkembangan Astra

Irman Gusman Salut Dengan Perkembangan Astra

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Irman Gusman (kanan) menyimak penjelasan dari Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sekaligus Direktur PT Astra International Tbk Sudirman Maman Rusdi (kiri) mengenai spesifikasi unggulan dari produk terbaru ADM, Astra Daihatsu Sigra, di pabrik perakitan kendaraan roda empat dan pusat riset dan pengembangan (R&D) ADM di Karawang, Jawa Barat (24/8).

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Irman Gusman bersama rombongan mengunjungi Pabrik Perakitan Kendaraan Roda Empat dan Pusat Riset dan Pengembangan (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat.

Dalam kunjungan Rabu itu, Irman Gusman melihat perkembangan terkini dan pendalaman dari proses perakitan dan rekayasa kendaraan roda empat serta fasilitas terbaru di pusat R&D yang merupakan karya anak bangsa.

“Saya salut, surprise setelah melihat berbagai fasilitas di sini. Astra ternyata telah banyak melakukan pendalaman industri otomotif, bahkan sudah jauh lebih dari yang diperkirakan orang. Saya kaget selama ini Indonesia hanya sebagai konsumen, tetapi di sini Astra memiliki kemampuan desain, riset dan pengembangan yang didukung oleh UKM yang dibina lebih dari 30 tahun,” tuturnya.

Di fasilitas Pusat R&D ini, Astra merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki uji sirkuit untuk mobil baru dengan fasilitas 24 tipe jalan berbeda yang ada di Indonesia.

Dengan pendalaman perakitan di industri otomotif, tuturnya, Astra mampu menghasilkan mobil dengan kandungan komponen lokal yang cukup tinggi, menyerap banyak tenaga kerja dan memberdayakan UKM.

Dalam kunjungan itu, Irman Gusman juga berharap Astra memproduksi mobil Indonesia pada tahun 2018. “Sebagai perusahaan nasional yang berkiprah hampir 60 tahun, Astra harus mampu memproduksi mobil Indonesia seperti negara lain, mengingat Astra memiliki fasilitas seperti desain dan pengembangan yang dapat membuat mobil Indonesia.

“Saya sudah melihat fasilitas sirkuitnya, kita coba semua dan ini satu-satunya di Indonesia. Harapan saya, walaupun beliau [Presdir ADM Sudirman Maman Rusdi] mengatakan pada 2019, saya minta pada 2018 Astra dapat memproduksi mobil Indonesia dari desain sampai komponennya,” ujar Irman.

Menurut saya, mobil Indonesia nantinya dikerjakan oleh putra-putri Indonesia, mulai dari survei, desain, rekayasa dan produksi dengan menggunakan kadungan suku cadang lokal yang tinggi seprti Astra Daihatsu Sigra dan Astra Daihatsu Ayla.

Oleh sebab itu, menurut Irman, sebagai perusahaan nasional, Astra perlu dilindungi dan didukung, bahkan kalau perlu, pemerintah memberikan insentif.

“Saya akan sampaikan perkembangan ini kepada pihak terkait, terutama Presiden RI Joko Widodo. Menurut saya, beliau harus tahu perkembangan karya anak bangsa yang positif ini,” tutur Irman.

Pada kesempatan yang sama, Irman Gusman juga meninjau produksi dan jumlah muatan lokal pada mobil Astra Daihatsu Sigra yang mencapai 94%. Astra Daihatsu Sigra merupakan mobil low cost green car yang bermuatan tujuh penumpang yang diluncurkan pada 2 Agustus 2016.

Dalam produksinya Astra Daihatsu Sigra melibatkan 178 perusahaan pemasok lapis pertama dan 890 perusahaan pemasok lapis kedua dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 600.000 orang. Secara keseluruhan, ADM memiliki kapasitas produksi 530.000 unit per tahun.

Dengan laju produksi dan pengembangannya sejak tahun 1973, ADM telah membantu dan membina 254 perusahaan pemasok lapis pertama dan 1.270 perusahaan pemasok lapis kedua dan melibatkan tenaga kerja sebanyak 900.000 orang.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru