Sunday, February 23, 2020
Home > Internasional > Inilah Jawaban Soal Matematika Singapura

Inilah Jawaban Soal Matematika Singapura

Soal matematika anak SMP Singapura Menghebohkan

Soal matematika Singapura Menghebohkan

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Singapura selalu berada di posisi atas dalam penampilan matematika internasional, termasuk soal matematika tingkat SD yang menghebohkan dunia, karena seperti teka-teki yang membuat orang dewasa harus berpikir tujuh keliling setelah membaca soalnya.

Seperti yang sebelumnya kami publis dengan judul heboh soal ujian matematika Singapura.

Nah, Cheryl memberi semacam klu kepada temannya Albert dan Bernard untuk menerka berapa usianya, atau tepatnya tanggal dan bulan lahirnya

Cheryl membisikkan kepada Albert bulan lahirnya dan ia memberitahu kepada Bernard tanggal lahirnya.

Dengan kata lain, Albert dibisikan bulan Mei, June, Juli atau Agustus. Bernard dibisikin angka 14, 15, 16, 17, 18 atau 19.

Pertanyaan itu diposting pembawa acara TV Singapura Kenneth Kong pada Facebook minggu ini dan pertanyaan itu menyebar ke seluruh dunia.

Tahukan Anda jawabannya. Apakah Anda lebih cerdas dari anak berusia 10 tahun di Singapura?

Inilah jawaban Alex Bellos (theguardian.com)  :

Ingat  :  Albert dibisikin bulan Mei, Juni, Juli atau Agustus.

Bernard dibisikin angka 14, 15, 16, 17, 18 atau 19

Ayo kita lanjutkan kata demi kata.

Albert: Saya tidak tahu kapan kelahiran Cheryl tapi saya tahu bahwa Bernard juga tidak tahu.

– Semua yang diketahui Albert adalah bulan kelahiran dan setiap bulan memiliki lebih dari satu tanggal, jadi tentu saja ia tidak tahu kapan kelahiran Cheryl. Sepertinya, bagian awal dari kalimatnya mubazir.

– Albert yang tahu bulannya, yakin Bernard yang cuma tahu tanggal pasti gak bisa tahu dengan tepat, berarti semua semua pilihan tanggal di bulan itu ada juga di juga di bulan lain, berarti Mei dan Juni gugur.

– Setelah Albert ngomong begitu, Bernard jadi tahu pilihan bulan tinggal Juli dan Agustus. Karena dia tahu tanggalnya dia jadi tahu juga bulannya, karena tanggal yang dia sudah tahu hanya da di bulan itu: pilihan tinggal 16 Juli, 15 Agustus, 17 Agustus.

– Setelah Bernard ngomong sekarang dia tahu, Albert juga bisa tahu karena dia tahu bulannya dan di bulan tersebut hanya ada satu tanggal yang mungkin.

– Terakhir tugas kita sebagai pembaca, dari bulan Juli dan Agustus, mana tanggal yang memungkinkan cuma satu, sehingga Albert bisa mengetahuinya dengan pasti.

Jawabannya  :  16 Juli.

                                                   ***

Penjelasan lain  :

Berikut jawabannya berdasarkan hasil analisis Nicholas Giovanni, Asisten Laboratorium Fisika Metalurgi pada Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, seperti dilansir Kompas.com, Senin lalu.

Kemungkinan awal adalah 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila ulang tahun Cheryl adalah 18 Juni ataupun 19 Mei, maka Bernard yang diberi tahu angka pasti langsung tahu karena angka 18 dan 19 tidak terdapat pada bulan-bulan lain.

Sisa kemungkinannya: 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila Albert diberi tahu bahwa bulan ultah Cheryl adalah Mei atau Juni, maka Albert tidak akan bisa mengatakan, “I know that Bernard does not know, too.” Hal itu membuktikan bahwa Albert diberi tahu bahwa ultah Cheryl antara Juli atau Agustus.

Sekarang, sisa kemungkinannya adalah 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bernard diberi tahu tanggal. Dari perkataan Albert, Bernard tahu bahwa Albert diberi tahu bulan Juli atau Agustus. Bila Bernard diberi tahu tanggal 14, maka dia masih akan bingung karena terhadap 14 Juli dan 14 Agustus. Nyatanya dia berkata, “But, I know”. Berarti Bernard tidak diberi tahu bahwa tanggalnya adalah 14.

Pada tahapan ini, Bernard telah mengetahui bahwa ulang tahun pada tanggal 16 Juli. Sebabnya, Cheryl telah memberitahu Bernard bahwa anggal kelahirannya adalah 16.

Sebelumnya, sisa kemungkinannya adalah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Agustus, maka dia masih akan bingung karena ada 15 Agustus dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Juli, maka dengan tereliminasinya tanggal 14 Juli, maka satu-satunya sisa tanggal adalah 16 Juli. Oleh karena itu, Albert berkata, “Then I also know when….”

Awalnya, Kong menyatakan bahwa pertanyaan itu ditujukan untuk pelajar sekolah dasar kelas V. Namun, Senin, dia mengonfirmasi bahwa pertanyaan itu ditujukan kepada anak sekolah menengah pertama kelas III dan merupakan soal level Olimpiade.

Ini memang amat sulit sehingga membuat dunia heboh. (arl)

 

VIDEO PENJELASAN

Ada beberapa video juga yang menjelaskan tentang jawaban dari soal tersebut, termasuk video dari channel BBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru