Saturday, April 04, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Inilah 7 Tips Agar Tidak Lemas Ketika Puasa

Inilah 7 Tips Agar Tidak Lemas Ketika Puasa

Tips agar tidak lemas puasa

Tips agar tidak lemas puasa (mencuat.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Menteri Agama RI sudah mengumumkan bahwa puasa Ramadan akan dimulai pada Kamis  (18/6) dan seluruh umat Islam pasti sudah menanti-nantikan bulan suci ini dengan penuh rasa suka cita.  

Menjalanan syaum Ramadan merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani dan bagaimana kiatnya agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa?

Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. Gk, ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, menjelaskan, ketika sahur sebaiknya kita memilih makanan yang indeks glikemiknya (nilai karbohidrat) rendah.

Dr. Tirta menyarankan untuk menghindari makanan seperti mi instan saat sahur, karena kandungan glikemiknya tergolong tinggi.

“Makanan yang indeks glikemiknya tinggi membuat seseorang lebih cepat lapar,” katanya seperti tercantum dalam laman artikelkesehatan, sehingga makanan berindeks glikemik tinggi sebaiknya dikonsumsi ketika berbuka.

Ini beberapa tips agar tubuh prima dan tidak lemas saat menjalankan syaum Ramadan  :

1. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Saat sahur, libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar.

2. Mengonsumsi makanan berprotein

Mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, ayam, telur, dan tahu juga sangat penting, karena membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu.

3. Mengonsumsi lemak baik

Lemak baik bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah seperti alpukat. Lemak terutama lemak baik  (HDL) juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

4. Batasi garam

Batasi mengonsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.

5. Jangan memasak makanan terlalu lembek

Untuk menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa, sebaiknya jangan memasak makanan yang terlalu lembek. Hal ini dikarenakan makanan yang lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas.

6. Penuhi kebutuhan cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari (akumulasi ketika sahur dan berbuka).

Baca juga  : Manfaat puasa bagi kesehatan

7. Olahraga

Sempatkan pula waktu untuk beraktivitas fisik. Olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh anda tidak mudah lemas. Pilihlah olahraga yang menurut anda ringan.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru