Friday, April 03, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Inilah 10 Jenis Kurma, Mana Kesukaan Anda?

Inilah 10 Jenis Kurma, Mana Kesukaan Anda?

Pohon dan buah kurma.

Kalau Anda berkunjung ke Pasar Tanah Abang, maka Anda akan menyaksikan pemandangan tidak seperti biasa, karena para pedagang kurma amat sibuk dan banyak orang antre membelinya.

Kurma, memasuki bulan suci Ramadhan, menjadi menu khusus dalam berbuka, bahkan masyarakat di Timur Tengah menjadikan kurma sebagai makanan pokok sejak ribuan tahun lalu. Semua itu berkat khasiat kurma yang disebut-sebut dapat mengurangi dehidrasi.

Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) atau dalam bahasa latinnya lebih dikenal dengan phoenix dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun masih mentah.

Kurma matang terbagi menjadi empat kategori yaitu imri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), dan tamr (matang dikeringkan dengan bantuan matahari). Kita tidaak banyak yang tahu, ternyata jenis buah kurma itu tidak satu macam, melainkan ada sepuluh.

Inilah 10 macam buah kurma seperti tercantum dalam berbagai kepustakaan termasuk disiarkan pada kaahil.wordpress.com.

  1. Kurma Ajwah

1. Kurma Ajwah

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah: “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri.” [Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalany (X/239), cet. Daar Abi Hayyan 1416H]

Pembatasan pada jumlah tujuh butir yang harus dimakan untuk mengandung khasiat, hanya Allah swt yang mengetahui rahasianya.

Di pasaran, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Dipercaya, kurma jenis ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam.

Tahukah kamu? Makan tujuh kurma ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam.

2. Kurma Deglet Noor.

Kurma Deglet Noor.
Kurma Deglet Noor.

Kurma yang berwarna kuning keemasan ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, Amerika, dan Libya.

Nama kurma yang satu ini berarti cahaya yang diambil dari warnanya yang menyerupai sinar matahari. Bagi Anda yang tak suka manis, kurma ini adalah alternatifnya, karena rasanya tidak terlalu manis dan dagingnya juga tak terlalu keras.

3. Kurma Amer Hajj.

Kurma Amer Hajj

Kurma jenis ini biasanya tumbuh di Irak. Kurma ini biasa disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.

4. Kurma Mozafati.

Kurma Mozafati
Kurma Mozafati.

Kurma jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga dua tahun jika disimpan di suhu minus lima derajat. Kurma Mozafati merupakan jenis kurma berwarna gelap, bertekstur lembut, dan berukuran sedang. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati.

5. Kurma Halawi.

 

Kurma Halawi.
Kurma Halawi.

Disebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Nah, jika kamu memakan buah kurma dan rasanya sangat manis, kemungkinan besar kurma itu berjenis ini.

6. Kurma Umelkhashab.

Kurma Umelkashab.
Kurma Umelkashab.

Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Kurma jenis ini berasal dari Arab Saudi. Selain rasa yang unik, Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan.

7. Kurma Thoory.

Kurma Thoory.
Kurma Thoory.

Jenis kurma ini disebut juga sebagai kurma Thuri. Di Indonesia, sering kali di temui jenis kurma thoory atau Thuri ini. Ini karena sifatnya yang dapat bertahan lama.

Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput. Ciri utamanya adalah daging serta buahnya yang sangat kering, bahkan sangking keringnya, kulit pada kurma ini cenderung keras dan susah dimakan. Namun, rasa dagingnya manis dan hampir mirip dengan kacang.

8. Kurma Zaghloul.

Kurma Zaghloul.
Kurma Zaghloul.

Kurma ini berbentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

Baca juga: Inilah 7 Khasiat Buah Kurma

9. Kurma Sekkeri.

Kurma Sekkeri.
Kurma Sekkeri.

Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memilki rasa sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.

10. Kurma Saidy.

Kurma Saidi.
Kurma Saidi.

Kurma jenis ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma sekkeri. Dengan daging buah yang sangat lembut dan rasanya yang manis menjadikan kurma Saidy merupakan kurma yang populer di negara Libya.

Nah, ayu kita nikmati kurma sebagai penganan berbuka puasa pada Ramadan ini.

Manakah kurma yang kamu sukai? (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru