Friday, December 13, 2019
Home > Berita > “Inikah Kartini-Kartini Kita Sekarang?” Pemenang Adinegoro

“Inikah Kartini-Kartini Kita Sekarang?” Pemenang Adinegoro

Penghargaan Adinegoro (beritga360.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Karikatur berjudul “Inikah Kartini-Kartini kita sekarang?” karya Didie Sri Widiyanto yang dimuat di harian Kompas 22 April 2015 memenangkan Anugerah Adinegoro dalam penilaian yang berlangsung di Jakarta, Selasa, 12 Januari. 

Keputusan tersebut ditetapkan oleh dewan juri terdiri atas Gatot Eko Cahyono, karikaturis, Dolorosa Sinaga dari Institut Kesenian Jakarta dan Karlina Supelli dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara.

Dewan juri sepakat memilih karikatur tersebut yang menggambarkan kritik tajam terhadap kepedulian pemerintah terhadap kaum perempuan khususnya yang menjadi tenaga kerja wanita di luar negeri.

“Harkat mereka dan pencapaian prestasinya kurang dihargai karena cukup bercita-cita menjadi TKW,” ujar Dolorosa.

“Gambar ini menunjukkan fenomena yang menyedihkan, bahwa kaum muda khususnya perempuan tersebut cukup gembira dan bernyanyi untuk berangkat ke luar negeri sebagai tenaga kerja, sementara profil Kartini menatap ke arah kiri menggambarkan masa depan yang dicita-citakannya, dan sosok pria yang menatap bingung terhadap keadaan tersebut,” kata Karlina.

Gatot yang pernah meraih Anugerah Adinegoro kategori Karikatur pada 2010 menegaskan bahwa dari sisi goresan dan komposisi karikatur tersebut cukup bagus karena karikaturisnya bukan orang baru, dan membawa pesan yang kuat.

“Para TKW digambarkan pergi dengan riang, padahal seringkali mereka pulang dengan penderitaan, mengalami perkosaan bahkan ada yang pulang dalam peti jenazah,” tambahnya.

Kategori karikatur kali ini diikuti 82 karya dari 13 media, mengangkat tema beragam seperti kritik terhadap DPR, ketimpangan hukum, kasus “Freeport”, musibah yang dialami Salim Kancil, juga tentang bencana kabut asap.

Pada hari yang sama, tim juri untuk kategori jurnalistik foto yaitu Oscar Motuloh dan Enny Nuraheni memilih karya foto “Tinjau Tititk Api” karya Abriansyah Liberto dari Tribun Sumsel (Sumatera Selatan) sebagai peraih Adinegoro 2015.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru