Monday, October 14, 2019
Home > Berita > Ini Pengakuan Rio Haryanto Tentang Kecelakaan di Sochi

Ini Pengakuan Rio Haryanto Tentang Kecelakaan di Sochi

Rio Haryanto tabrakan dengan Marcus Ericcson dari Swedia pada awal laga di Sochi, Minggu. (F1.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Sochi, Rusia) – Rio Haryanto mengeluarkan pernyataan tentang kegagalannya di Sochi, Rusia, dikaitkan dengan tabrakan yang melandanya sehingga harus keluar pada putaran pertama laga itu. 

Rio Haryanto tidak dapat nilai apapun dari seri GP Rusia, Minggu, setelah ia menjadi “korban murni” pada laga itu, seperti diberitakan thecheckeredflag.co.uk. 

“Rio Haryanto was an innocent victim of a first lap collision between Nico Hulkenberg and Esteban Gutierrez,” demikian diberitakan laman Inggris itu.

Padahal itu melakukan awal bagus di Sochi Autodrom, dan berada di lini tengah bersama para pebalap lain, tapi kecelakaan terjadi di depannya sehingga ia berhenti.

Ia mengaku tidak dapat menghindari mobil Nico Hulkenberg dari tim Force India pada lap pertama tikungan kedua di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia.

“Hari ini saya tidak beruntung dan itu sangat mengecewakan. Pada tikungan kedua banyak mobil yang saling bertabrakan dan mobil Hulkenberg berputar-putar dan saya tidak dapat menghindarinya,” komentar pemuda dari Solo itu melalui laman facebook resmi tim Manor Racing.

Rio tidak berhasil menyentuh finis pada laga Grand Prix Rusia itu karena mobil MRT05 nomor 88 yang dikemudikannya rusak akibat tertabrak mobil Hulkenberg.

Mobil tim Force India bernomor 27 menabrak mobil Rio pada tikungan kedua sirkuit sepanjang 5,848 kilometer itu. Sebelum menabrak MRT05, mobil Hulkenberg dan mobil pebalap tim Haas Esteban Gutierrez saling bertabrakan saat masuk tikungan kedua.

Tabrakan pada mobil-mobil urutan belakang itu juga melibatkan pebalap tim Sauber Marcus Ericsson. Tapi, hanya Rio dan Hulkenberg yang tidak dapat menyelesaikan perlombaan. Sedangkan Gutierrez dan Ericsson tetap menuntaskan perlombaan sepanjang 53 lap yang menempuh jarak 309,745 kilometer itu.

Rio mengatakan telah mengawali perlombaan dengan bagus karena dapat melewati beberapa pebalap di depannya menjelang tikungan kedua.

“Setelah beberapa hari, saya harus menuntaskan akhir pekan seperti ini yang mengecewakan. Tapi sisi positifnya, saya merasa lebih kompetitif dan saya akan terus melanjutkannya pada perlombaan berikutnya di Barcelona,” ujar Rio.

Direktur Manor Racing Dave Ryan mengatakan Rio hanyalah memang tidak dapat menghindari kejadian yang menimpa MRT05.

“Dari potongan video rekaman, kami melihat Rio sempat melayang. Kerusakan pada mobil Rio dapat menceritakan banyak hal tentang kejadian itu yang memaksanya keluar dari perlombaan,” kata Ryan.

Rekan satu tim Rio pada Manor Racing Pascal Wehrlein menyelesaikan perlombaan pada urutan ke-18 atau terakhir setelah empat pebalap lain tidak dapat menyelesaikan perlombaan, termasuk pebalap Ferrari Sebastian Vettel.  (AN/KB/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru