Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Indonesia Larang Perjalanan Udara dan Laut, Virus Corona Mendorong Pengangguran di AS

Indonesia Larang Perjalanan Udara dan Laut, Virus Corona Mendorong Pengangguran di AS

Jemaah melakukan shalat tarawih menandai malam pertama Ramadhan, Kamis malam, di Aceh, Indonesia, meskipun ada kekhawatiran terhadap wabah virus corona baru.(Footo: AP/Al Jazeera)

Jemaah melakukan shalat tarawih menandai malam pertama Ramadhan, Kamis malam, di Aceh, Indonesia, meskipun ada kekhawatiran terhadap wabah virus corona baru.(Footo: AP/Al Jazeera)

Ilmuwan Inggris telah mulai menguji vaksin eksperimental saat jumlah kematian akibat infeksi mencapai 50.000 di AS. G-20 Arab Saudi desak lebih banyak donasi untuk mendanai tanggapan COVID-19.

mimbar-rakyat.com – Sebanyak 26 juta orang mengalami pengangguran di Amerika Serikat (AS) dalam lima minggu terakhir, sejak virus corona menyerang. Sekitar satu dari enam pekerja Amerika telah kehilangan pekerjaan mereka, yang sejauh ini merupakan pemutusan hubungan kerja (PHK) terburuk sejak Depresi Hebat tahun 1930-an.

Sementara Dewan Perwakilan Rakyat AS telah memutuskan menyetujui  mengeluarkan paket hampir $US 500 miliar untuk membantu bisnis dan rumah sakit. Demikian Ted Regencia menyusun laporan terkait COVID-19 di Kuala Lumpur untuk Al Jazeera, seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Secara keseluruhan di dunia lebih dari 190.000 orang telah meninggal akibat pandemi, termasuk 50.000 di AS, dengan 2,7 juta terinfeksi secara global, di antaranya hampir 750.000 telah pulih.

Jumlah total kasus corona di AS mencapai 868.000 dengan banyak negara belum melaporkan lebih awal pada hari Jumat.(Foto: AP/Al Jazeera)
Jumlah total kasus corona di AS mencapai 868.000 dengan banyak negara belum melaporkan lebih awal pada hari Jumat.(Foto: AP/Al Jazeera)

Pengujian vaksin COVID-19 eksperimental dimulai pada sukarelawan sehat di University of Oxford di Inggris, yang terbaru dalam sekelompok studi tahap awal dalam mencari perlindungan terhadap virus corona.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Jumat, 24 April:

04:45 GMT – Indonesia  melarang perjalanan udara, laut hingga akhir Mei.
Indonesia sementara akan melarang perjalanan udara dan laut domestik dan internasional, dengan beberapa pengecualian, mulai minggu ini untuk mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut, kata kementerian transportasi dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (24/4).

Pengumuman muncul ketika bulan suci Ramadhan dimulai di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia itu, dan pemerintah telah melarang eksodus tahunan tradisional warga dari kota ke provinsi selama periode liburan.

Larangan perjalanan laut langsung berlaku, tetapi larangan perjalanan udara akan dimulai pada hari Sabtu. Larangan akan berlaku secara menyeluruh hingga 31 Mei.

04:35 GMT – Parlemen El Salvador dievakuasi karena dicurigai COVID-19.
Majelis Legislatif El Salvador tiba-tiba mengakhiri sesi pada Kamis malam setelah berita tentang dugaan kontaminasi Covid-19 di gedung, yang dengan cepat dievakuasi.

“Tim Kontrol Epidemiologis Antar-disiplin di El Salvador telah mendeteksi kecurigaan serius Covid-19 di ruang tamu biru Majelis,” tulis Presiden Salvador Nayib Bukele di Twitter.

“Kami merekomendasikan untuk menutup sesi dan membatasi semua anggota parlemen dan staf, sambil membubarkan atau mengkonfirmasi kasus tersangka dan kontak mereka,” kata Bukele.


04:18 GMT –
Thailand melaporkan 15 kasus baru, tidak ada kematian baru.
Thailand melaporkan pada hari Jumat total 15 kasus virus corona baru dan tidak ada kematian baru, sehingga jumlah keseluruhan kasus sejak wabah pada bulan Januari menjadi 2.854 kasus dan 50 kematian.

Dari kasus-kasus baru, sembilan terkait dengan kasus-kasus sebelumnya dan dua tidak memiliki hubungan yang diketahui.

Empat kasus baru lainnya dilaporkan dari provinsi selatan Yala di mana pihak berwenang secara agresif menguji populasi karena tingkat infeksi yang tinggi di sana, kata Taweesin Wisanuyothin, seorang juru bicara pemerintah. Sejak wabah 2.490 pasien telah pulih dan pulang.

04:12 GMT – Ratusan orang tarawih di Aceh untuk menandai dimulainya Ramadhan.
Ratusan jemaah berkumpul di Masjid Agung Baiturrahman,  provinsi Aceh, di Indonesia, Kamis malam, untuk shalat tarwih menandai awal bulan suci Ramadhan, meskipun ada kekhawatiran tentang penyebaran virus corona.

“Dengan kami berdoa bersama, kami berharap Allah  akan memberkati dunia dan pandemi ini akan segera berakhir, karena kami percaya jika kami berdoa bersama (di masjid) Allah akan menjawab doa-doa kami,” kata Siti Ramadan, salah satu dari jamaah yang hadir.

03:42 GMT – Koronavirus AS mencapai 50.000 kematian teratas. Kematian virus korona AS mencapai tonggak suram lainnya pada hari Jumat melampaui 50.000, karena jumlah nyawa yang hilang pada bulan April naik rata-rata 2.000 per hari, menurut situs Worldometers, yang melacak pandemi tersebut. Situs web Johns Hopkins juga menunjukkan jumlah korban jiwa mendekati 50.000.

Jumlah total kasus AS mencapai 868.000 dengan banyak negara bagian  belum melaporkan lebih awal pada hari Jumat.

Penguncian di Manila telah diperpanjang hingga 15 Mei yang berdampak pada lebih dari 12 juta orang Foto: AP/Al Jazeera)
Penguncian di Manila telah diperpanjang hingga 15 Mei yang berdampak pada lebih dari 12 juta orang Foto: AP/Al Jazeera)

03:17 GMT – Protes mematikan di Venezuela di tengah pandemi coronavirus.
Seorang pria telah ditembak mati di Venezuela selatan selama protes terhadap kenaikan harga pangan, kata militer di tengah krisis coronavirus.

Para pengunjuk rasa di kota-kota provinsi Venezuela turun ke jalan untuk hari kedua pada hari Kamis. Lusinan orang berdemonstrasi di Upata, sebuah kota berpenduduk sekitar 100.000 di negara bagian selatan Bolivar, memprotes “kenaikan harga makanan dan kebutuhan pokok,” menurut sebuah laporan oleh tentara Venezuela yang dilihat oleh kantor berita AFP. Pada hari Kamis, Venezuela melaporkan sekitar 311 infeksi dengan setidaknya 10 kematian.

03:05 GMT – Presidensi Saudi G-20 mendesak lebih banyak donasi untuk mendanai tanggapan COVID-19. Kepresidenan Saudi dari Kelompok 20 negara ekonomi terkemuka telah meminta sumbangan segera lebih lanjut untuk mendanai tanggapan darurat terhadap pandemi coronavirus dan mengembangkan vaksin yang dibutuhkan.

Sekretariat G20 mengatakan $ 1,9 miliar telah disumbangkan oleh negara-negara, organisasi filantropi dan sektor swasta menuju target $ 8 miliar yang ditetapkan oleh Dewan Pemantauan Kesiapan Global, tetapi lebih banyak dana diperlukan.

“Tantangan global menuntut solusi global dan ini adalah waktu kita untuk berdiri dan mendukung upaya untuk vaksin dan tindakan terapeutik lainnya untuk memerangi COVID-19”. Anggota  G20 Arab Saudi Fahad Almubarak mengatakan dalam sebuah pernyataan.

02:34 GMT – Trump menyarankan menyuntikkan disinfektan untuk melawan coronavirus.
Presiden AS Donald Trump telah menyarankan bahwa disinfektan dapat disuntikkan ke manusia sebagai bagian dari percobaan untuk melawan virus corona.

Pada konferensi pers terbarunya pada hari Kamis, Trump juga mengatakan bahwa sinar ultraviolet dapat diperkenalkan melalui kulit untuk menguji apakah itu akan bekerja dalam menyembuhkan penyakit yang mematikan.

02.20 GMT – Penghitungan Coronavirus naik menjadi 91 di kapal pesiar Italia di Jepang.
Sebanyak 91 awak kapal pesiar Italia yang berlabuh di pelabuhan Nagasaki, Jepang barat daya, terinfeksi virus corona, kata para pejabat pada hari Jumat, ketika ada pertanyaan tentang bagaimana dan kapan mereka akan kembali ke negara asal mereka.

02:11 GMT – Haiti menerima lebih banyak orang yang dideportasi dari AS meskipun ada kekhawatiran akan virus corona.

Haiti telah menerima 129 warga negaranya, termasuk anak di bawah umur dalam penerbangan deportasi dari Amerika Serikat, beberapa hari setelah tiga orang yang dideportasi yang tiba dalam penerbangan sebelumnya dinyatakan positif terkena virus korona baru, lapor kantor berita Reuters.

Pejabat senior Departemen Luar Negeri Haiti Israel Jacky Cantave mengatakan kepada Reuters bahwa Haiti telah meminta semua orang yang dideportasi untuk diuji, tetapi pemerintah AS hanya setuju untuk menguji mereka yang memiliki gejala – masalah yang diberikan banyak operator tidak menunjukkan gejala.

Negara termiskin di Amerika, yang memiliki kapasitas pengujian terbatas, menempatkan semua orang yang dideportasi ke fasilitas karantina selama dua minggu pada saat kedatangan.

01:57 GMT – Poll: Sedikit kepercayaan informasi Trump tentang coronavirus.
Presiden Donald Trump telah menjadikan dirinya juru bicara harian untuk tanggapan coronavirus bangsa

Hanya 28 persen orang Amerika mengatakan mereka secara teratur mendapatkan informasi dari Trump tentang virus corona dan hanya 23 persen mengatakan mereka memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap apa yang dikatakan presiden kepada publik. 21 persen lainnya hanya menempatkan jumlah kepercayaan moderat dalam dirinya.

01:42 GMT – Pelabuhan Belgia untuk menguji gelang virus di tengah ketakutan penelusuran teknologi.
Kota Belgia, Antwerp, pelabuhan terbesar kedua di Eropa, sedang bersiap untuk menguji perangkat yang bertujuan membantu ribuan orang yang bekerja di sana untuk menghargai jarak sosial.

Di Antwerp di Belgia, di mana sekitar 900 perusahaan beroperasi di daerah seukuran kota kecil, dua tim pekerja pelabuhan akan mengenakan gelang yang awalnya dirancang untuk menemukan anggota awak kapal tunda yang jatuh ke laut tetapi sekarang dimodifikasi untuk membantu menghentikan penyebaran penyakit bulan depan, kantor berita Associated Press melaporkan.

Gelang dipakai seperti jam tangan. Dilapisi plastik hitam, mereka bergetar ketika mereka bergerak dalam jarak tiga meter (sekitar 10 kaki) satu sama lain. Kekuatan getaran, mirip dengan telepon seluler tetapi lebih jelas ketika dipasang pada pergelangan tangan, meningkatkan semakin dekat gelang dan lampu peringatan berkedip.

01:28 GMT – China melaporkan enam kasus virus corona baru.
China Daratan telah melaporkan enam kasus virus corona baru pada akhir 23 April, turun dari 10 yang dilaporkan pada hari sebelumnya, menjadikan jumlah total infeksi COVID-19 pada 82.804.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa dua kasus baru melibatkan pelancong dari luar negeri. Ada enam kasus impor yang dilaporkan sehari sebelumnya.

01:11 GMT – Remdesivir Gilead menunjukkan efek samping yang signifikan terhadap coronavirus.
Para peneliti yang mempelajari obat coronavirus eksperimental Gilead Sciences Inc telah menemukan bahwa ia gagal dalam uji klinis acak pertama, dengan beberapa menunjukkan efek samping yang signifikan.

Percobaan China menunjukkan obat antivirus remdesivir tidak memperbaiki kondisi pasien atau mengurangi keberadaan patogen dalam aliran darah, menurut laporan Financial Times, yang mengutip rancangan dokumen yang diterbitkan secara tidak sengaja oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Remdesivir juga sebelumnya gagal sebagai pengobatan untuk Ebola.

China Daratan telah melaporkan enam kasus virus corona baru pada akhir 23 April, turun dari 10 yang dilaporkan pada hari sebelumnya, menjadikan jumlah total infeksi COVID-19 pada 82.804.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa dua kasus baru melibatkan pelancong dari luar negeri. Ada enam kasus impor yang dilaporkan sehari sebelumnya.

Jumlah pasien baru tanpa gejala, yang terinfeksi virus tetapi tidak menunjukkan gejala, naik menjadi 34 dari 27 yang dilaporkan sehari sebelumnya. Jumlah korban COVID-19 untuk daratan Tiongkok tetap tidak berubah pada 4.632.

00:11 GMT – Duterte memperpanjang penutupan Metro Manila hingga 15 Mei.
Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memperpanjang penutupan Metro Manila hingga 15 Mei.

Penguncian yang diperpanjang diumumkan pada hari Jumat juga mencakup beberapa provinsi di Luzon, sedikit mengurangi pembatasan yang sebelumnya mencakup seluruh pulau utara, yang mempengaruhi lebih dari 57 juta orang.

00:01 GMT – Kapal pesiar yang terhubung dengan penyebaran wabah virus terbesar di Australia.
Sebuah kapal pesiar yang terkait dengan sepertiga kematian virus corona Australia telah meninggalkan negara itu setelah sebulan berlabuh di perairan setempat. Pihak berwenang mengatakan pada hari Jumat.

Ruby Princess, yang dimiliki oleh Carnival Corp, telah menjadi titik nyala kemarahan publik setelahdiizinkan menurunkan ribuan penumpang di Sydney tanpa pemeriksaan kesehatan pada 19 Maret.Ratusan penumpangnya kemudian dinyatakan positif COVID-19, sekitar 10 persen dari sekitar 6.600 infeksi di negara itu dan sepertiga dari 77 kematian akibat virus corona di negara itu telah ditelusuri ke kapal.***Sumber Al Jazeera dan kantor-kantor berita, Google.(dta)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru