Sunday, September 22, 2019
Home > Olahraga > Indonesia ke 16 Besar Asian Games

Indonesia ke 16 Besar Asian Games

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Maladewa 4-0 pada pertandingan kedua Grup E sepak bola Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Kamis.

Anak asuh Aji Santoso itu telah mengumpulkan enam poin dan untuk sementara berada di puncak klasemen dengan enam poin. Timnas saat ini masih menyisakan satu pertandingan yaitu melawan Thailand, Senin (22/9). Saat ini timnas hanya tinggal fokus mempertahankan posisi juara grup E.

Seperti disiarkan RCTI, kelihatan timnas Garuda Muda yang perkasa dipertandingan pertama melawan Timor Leste terus mendapatkan tekanan dari Maladewa yang dilatih mantan pelatih Persib Bandung, Drago Mamic.

Meski berusaha memberikan perlawanan, anak asuh Aji Santoso ternyata belum mampu mengancam gawang lawan. Justru gawang Andritany Ardhiyasa sering mendapatkan ancaman dari pemain Maladewa. Namun, berkat kecemerlangan penjaga gawang Persija itu, gawang timnas tetap aman.

Setelah tertekan, Timnas Garuda Muda mencoba bangkit. Akhirnya Ramdani Lestaluhu mampu memecah kebuntuan pada menit 13. Gol tersebut tercipta setelah pemain Persija itu lolos jebakan offside saat menerima umpan terukur dari Fandi Eko Utomo.

Mampu unggul 1-0, permainan timnas lebih teratur. Umpan kaki ke kaki terus diperagakan. Ferdinand Sinaga yang tampil cantik dipertandingan pertama terus mendapatkan peluang. Namun, upaya yang dilakukan pemain Persib Bandung itu masih tertahan.

Ramdani juga mendapatkan peluang emas pada menit 25. Umpan terukur Alvin Tuasalamony dari sisi kanan gagal disarangkan ke gawang Maladewa yang dikawal Mohamed Jazlan karena bola melambung tinggi di atas mistar gawang.
Maladewa yang dimotori oleh Moosa Yaamin sebenarnya bermain dengan taktis. Tekanan demi tekanan juga dilakukan bahkan sampai masuk ke pertahanan Indonesia. Berkat ketenangan Victor Igbonefo gawang Indonesia tetap aman.

Timnas Garuda Muda menjelang akhir babak pertama terus menggempur pertahanan lawan. Hanya saja hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan anak asuh Aji Santoso.

Memasuki babak kedua Timnas Garuda Muda langsung tampil impresif. Penetrasi demi penetrasi terus dilakukan. Hasilnya Ferdinand Sinaga mampu menggandakan kedudukan pada menit 49. Bagi pemain Persib ini, gol ke gawang Maladewa merupakan yang kelima selama turun di Asian Games 2014.

Meski unggul 2-0, timnas tidak mengendurkan tekanannya. Serangan yang diskenario dengan terus dilakukan. Bahkan Fandi Eko Utomo nyaris menambah keunggulan pada menit 54. Namun, sontekannya masih mampu dihalau penjaga gawang Maladewa.

Kini giliran Bayu Gatra yang mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah mampu menjebol gawang lawan. Gol ini tercipta setelah mendapatkan umpan manis dari Ferdinand Sinaga pada menit 57. Tendangan kerasnya tidak bisa ditahan oleh Mohamed Jazlan.

Meski tertinggal cukup jauh, Maladewa tidak patah semangat. Tekanan demi tekanan juga dilakukan bahkan mengancam gawang Andritany. Bahkan penjaga gawang Persija itu harus jatuh bangun menjaga wilayahnya.

Andritany bahkan harus digantikan oleh Teguh Amirudin setelah berbenturan dengan pemain lawan pada menit 61. Pemain dengan nomor punggung satu itu bahkan harus ditandu keluar lapangan oleh tim kesehatan.

Masuknya tenaga baru yaitu Rasyid Bakri yang menggantikan Ramdani Lestaluhu membuat tekanan timnas meningkat. Terbukti peluang menambah gol langsung tercipta. Berawal pelanggaran yang dilakukan Samdhooh Mohamed terhadap Alvin Tuasalamony sang wasit langsung menunjuk titik putih.

Ferdinad Sinaga yang ditunjuk sebagai algojo tidak mensia-siakan kesempatan itu. Akhirnya mantan pemain Semen Padang itu mencetak gol keduanya dipertandingan ini pada menit 80 dan merupakan yang keenam selama turun di Asian Games 2014. Indonesia akhirnya unggul 4-0.

Unggul telak atas Maladewa, membuat pemain timnas terus melakukan kreasi dalam melakukan penyerangan. Hanya saja lawan tidak tinggal diam dan cenderung bermain keras. Meski tekanan terus dilakukan, namun tidak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan berakhir.
Susunan pemain Timnas Indonesia U-23 : Andritany Ardhiyasa/Teguh Amirudin (pg), Alfin Tuasalamony/Saiful Indra, Manahati Lestusen, Victor Igbonefo, Dany Saputra, Ahmad Jufriyanto, Dedi Kusnandar (k) Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Ramdani Lestaluhu/Rasyid Bakri dan Ferdinand Sinaga.

Adapun pemain Maladewa : Mohamed Jazlan (pg), Ahmed Numaan, Samdhooh Mohamed, Amdhan Ali, Mohamed Arif, Asadulla Abdulla (k), Hassan Shifaz/Mohamed Muslih, Shafiu Ahmed, Hamza Mohamed, Moosa Yaamin dan Mohammed Irufaan.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru