Wednesday, May 22, 2019
Home > Berita > IMI Gelar 171 Kejurnas Otomotif pada 2016

IMI Gelar 171 Kejurnas Otomotif pada 2016

Sadikin Aksa, ketua umum PP IMI 2015-2019.

MIMBAR-RAKYAT.com (Surabaya) – Ketua Umum PP Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Sadikin Aksa mengatakan, sebanyak 171 kejuaraan nasional otomotif akan berlangsung sepanjang 2016 sesuai dengan hasil rapat kerja nasional (Rakerns) IMI 1 di Surabaya, Sabtu.

Sadikin Aksa menutup resmi Rakernas 2015 itu usai rapat pleno Sabtu dan Minggu dilanjutkan dengan Musyawarah Lubar Biasa (Munaslub) IMI 2016 membahas hal penting termasuk tentang anggaran dasar dan rumah tangga PP IMI.

Ia mengatakan,  kejuaraan grass-track semula dijadwalkan akan berlangsung sebanyak 40 seri, tapi hal itu masih dianggap menyusahkan para peserta sehingga tetap dengan jadwal semula sebanyak 33 seri ditambah satu putaran grand-final.

“Tentang jadwal reli mobil akan dibahas hingga Juli mendatang. Sedangkan grass-track akan diusahakan menjadi eksibisi di PON dan dananya dari PP IMI. Selama ini baru motokros atau road race yang eksibisi di PON dan kita berusaha pada PON Papua diikuti jenis grass-track,” kata Sadikin, yang juga atlet reli mobil nasional.

Rakernas 2015 dan Munaslub 2016 IMI yang berlangsung di Hotel Pullman Surabaya, diikuti  31 Pengurus daerah (Pengprov) IMI se-Indonesia, minus Sumatera Utara, Lampung dan Maluku Utara.

Sadikin yang akrab dipanggil Ikin, menyebut Rakernas 1 IMI sebagai Rakernas tercepat dalam sejarah, karena pada pukul 19.30 WIB sudah usai.

“Biasanya berlangsung sampai tengah malam. Ke depan kalau bisa lebih singkat lagi dan kita mengacu pada sistem kerja FIA. Yang penting kita berusaha bekerja keras,” ungkap ketua umum PP IMI 2015-2019 itu.

Para peserta Rakernas dan Munaslub PP IMI di Surabaya.
Para peserta Rakernas dan Munaslub PP IMI di Surabaya. 
Para peserta Rakernas IMI di Surabaya.
Para peserta Rakernas IMI di Surabaya.
Para peserta Rakernas dan Munaslub PP IMI di Surabaya.
Para peserta Rakernas dan Munaslub PP IMI di Surabaya.

Ikin menambahkan, para peserta rapat memberi masukan amat berharga bagi PP IMI, di antaranya akan diadakan sistem kepemilikan kartu tanda anggota (KTA)  “online”, sehingga semua daerah mengetahui jumlah anggota serta kegiatan lainnya di berbagai daerah. “Selama ini belum ada date base. Ini sebagai acuan memajukan organisasi ke depan,” katanya.

Selain itu, tambahnya, setiap Pengprov harus memiliki rekening bank dan memberikan laporan keuangan secara berkala. “Kita juga harus punya seragam, sehingga lebih berwibawa, seperti para anggota organisasi FIA bila sedang bertuga. Termasuk nanti saat stewart kita bekerja dalam satu kegiatan lomba,” ungkap Ikin.

“Di masa mendatang, kita juga akan memilih Pengprov terbaik dari tiga region. Sedangkan dana Kejurnas tidak dinaikkan sesuai dengan keinginan Pengprov,” kata Ikin, kakak kandung juara nasional reli mobil Subhan “Ubang” Aksa.  Para peserta Rakernas juga setuju dengan rencana Rakernas mendatang diadakan di Bandung, Jawa Barat.

Pada acara Sabtu, ada juga acara khusus membahas KTA “online” dan Minggu dilanjutkan dengan Munaslub dan seminar olahraga sepeda motor dan mobil serta ujian lisensi olahraga oleh Pengprov IMI Jawa Timur, yang berlangsung hingga Senin petang.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru