Monday, November 18, 2019
Home > Berita > IMI dan FIM Gelar Seminar bagi Tenaga Medis dan Pengawas/Pimpinan Perlombaan Motocross

IMI dan FIM Gelar Seminar bagi Tenaga Medis dan Pengawas/Pimpinan Perlombaan Motocross

Sekjen PP IMI Jeffrey JP. (mimbar-rakyat.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga otomotif di Tanah Air bersama Federation of International Motorcycling (FIM) melalui program FIM Academy, mengadakan seminar International Medical Commission Chief Medical Officer (CMI) dan Motocross Commission Clerk of the Course / Sporting Steward (CMS) di Hotel Aston Priority, Jalan TB Simatupang, Jakarta pada 28 dan 29 Januari 2017.

Dalam seminar yang berlangsung selama dua hari tersebut, para peserta akan diberikan pengarahan mengenai tata cara sekaligus kinerja yang ideal bagi para Tenaga Medis serta Pengawas/Pimpinan Perlombaan dalam jenis olahraga motocross.

Hal ini diperlukan mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia FIM Motocross – MXGP of Indonesia 2017 pada 4 – 5 Maret 2017 mendatang di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, kata Sekjen PP IMI Jeffrey JP di Jakarta, Senin.

Jeffrey JP mengatakan, “Perlombaan bertaraf internasional seperti MXGP sudah dapat digelar di Indonesia. Hal ini membuktikan kita sebenarnya memiliki kapasitas yang baik, hanya saja pelatihan dan pembinaan bagi SDM harus selalu ditingkatkan, agar semua dapat berjalan dengan tepat dan seimbang. Jika ini dapat dilakukan, maka berbagai event otomotif berkualitas yang akan kita gelar, tentunya juga dapat ditangani oleh SDM yang juga berkualitas.”

Ia juga menambahkan, “Konsep dari Program ini adalah Standing Together, di mana IMI harus membentuk SDM yang memiliki pengetahuan yang merata agar dapat mengembangkan Olahraga Otomotif di Indonesia bersama-sama (Growing Together).”

Tony Skillington selaku FIM Motocross Commission Director akan turun langsung memimpin dan memberikan pengarahan bagi seluruh peserta yang ikut dalam seminar Motocross Commission Clerk of the Course / Sporting Steward (CMS).

Seminar selama dua hari ini juga akan membahas mengenai International Medical Commission / Chief Medical Officer (CMI) yang ditujukan bagi para tenaga medis yang mengemban tugas  memberikan penanganan medis pada setiap perlombaan.

Tenaga instruktur sekaligus pemimpin dalam seminar itu adalah Dr. David McManus, yang menjabat sebagai FIM International Medical Commission Director.

IMI juga masih menyimpan program seminar lainnya, yang direncanakan akan digelar pada 18 & 19 Februari serta 22 & 23 April 2017.

Tidak hanya menggandeng FIM, IMI pun juga menjalin kerja sama dengan FIA Sport Grant Programme. Bahasan pada rangkaian seminar lanjutan tersebut nantinya terdiri dari berbagai hal, mulai dari International Technical Steward (CTI), International Environmental Steward (CIE), hingga penetapan regulasi, lisensi, homologasi, serta pemberian sertifikasi bagi pihak-pihak yang terlibat dalam kancah olahraga otomotif.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru