Sunday, August 09, 2020
Home > Headline > Ikrar Menuju Satu Komunitas ASEAN di Doha

Ikrar Menuju Satu Komunitas ASEAN di Doha

Hari Jadi ASEAN ke-48 di Doha, dihadiri para dubes (kuntum)

Hari Jadi ASEAN ke-48 di Doha, dihadiri para dubes (kuntum)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Melalui Peringatan Hari Jadi ASEAN ke-48, sejatinya mengingatkan  perjuangan para “founding father” ASEAN 48 tahun silam dan merupakan kewajiban para komunitas ASEAN untuk membawa ASEAN menuju mimpinya, yaitu menuju satu komunitas ASEAN yang terintegrasi. 

“Satu Komunitas ASEAN yang aman, sejahtera, dan harmonis,” kata Duta Besar RI Doha Deddy Saiful Hadi, dalam kesempatan bertemu media, Jumat.

Dubes Deddy Saiful Hadi, selaku Ketua ASEAN Community in Doha 2015, bersama pada duta besar dan perwakilan negara ASEAN lainnya di Qatar (Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietmam) menggelar temu pers dalam peringatan ke-48 tahun ASEAN di Doha, 6 Agustus 2015.

Ia menyampaikan, pada 6 Agutus 2015 juga sedang dilaksanakan pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN di Kuala Lumpur yang telah memasuki hari terakhir. “Pada pertemuan tersebut, semua elemen ASEAN membahas kembali upaya yang perlu dilakukan dalam mencapai terwujudnya ASEAN Community Vision 2025,” ungkap Deddy.

Peringatan hari jadi ASEAN diawali dengan gunting pita dan meninjau stand negara ASEAN oleh para Dubes ASEAN beserta istri, dilanjutkan dengan kegiatan pengibaran bendera ASEAN diiringi dengan  anthem “The ASEAN Way” setelah sebelumnya tujuh siswa PSD membawa masing-masing bendera nasional negara ASEAN.

Kemudian pagelaran penampilan kesenian masing-masing negara dilakukan anak-anak PSD yang dengan sangat fasihnya menyajikan satu tarian khas atau lagu daerah terkenal dari masing-masing negara dan pada kesempatan itu para siswa senior PSD mempersembahkan Tari Indang dan Tari Saman untuk Indonesia.

Para Dubes di Doha, Hari Jadi ASEAN ke-48 (kuntum)
Para Dubes di Doha, Hari Jadi ASEAN ke-48 (kuntum)

Dubes Deddy dalam sambutannya menekankan, kegiatan seperti itu merupakan bentuk kontribusi nyata dan refleksi dari kerja sama yang baik antara ACD dengan Komunitas ASEAN yang ada di Qatar, untuk memperkenalkan ASEAN kepada masyarakat internasional di Qatar.

Sebelumya ACD juga telah menggelar ASEAN Festival 2015 pada 30 April-2 Mei 2015 yang merupakan kegiatan pertama dan terspektakuler dalam sejarah ASEAN di Qatar, dihadiri sekitar 25,000 pengunjung.

Penampilan tari-tarian Indonesia di Doha (kuntum)
Penampilan tari-tarian Indonesia di Doha (kuntum)

Berbagai program dilakukan oleh ACD untuk mempererat silaturahim sesama negara ASEAN dan ekspatriat lainnya di negara petrol tersebut, antara lain melalui perlombaan bulu tangkis, tenis meja dan boling, selain melakukan promosi budaya dan kuliner.

ACD juga menggelar pertemuan dengan berbagai Kementerian, khususnya untuk membahas kerja sama di bidang ekonomi dan politik. (Kuntum Khaira Ummah HG/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru