Wednesday, May 27, 2020
Home > Internasional > Igor Strelkov, Inilah Penembak Pesawat Malaysia Airline MH 17

Igor Strelkov, Inilah Penembak Pesawat Malaysia Airline MH 17

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta)  – Pemberontak Ukrania  tertawa sesaat setelah melihat pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh akibat ditembak rudal BUK  di timur Ukraina pada Kamis, 17 Juli 2014. Menurut  Dailymail, Jumat 18 Juli 2014, percakapan para pemberontak itu terekam  ketika mereka melihat pesawat itu jatuh dan asap hitam mengepul ke udara.

Seseorang yang bicara dalam percakapan itu diyakini adalah milisi Igor Strelkov, mantan perwira intel Rusia . Di Twitter kemudian muncul alasan mengapa pesawat itu ditembak jatuh. “Kami sudah mengingatkanmu, jangan terbang di langit kami,” tulis akun Twitter yang diduga milik Igor Strelkov.)

Saat itu Igor Strelkov tampaknya belum tahu kalau yang ditembak jatuh adalah pesawat penerbangan sipil. Di akun Twitter tersebut, dia mengira telah menembak jatuh sebuah Antonov-26, pesawat militer Angkatan Udara Ukraina

Tertawa

Sosok Igor Strelkov ramai disebut oleh media-media Eropa.Ia diyakini salah satunya adalah suara pemimpin separatis Ukraina yang pro-Rusia ini. Ia  dibicarakan karena tidak berperikemanusiaan bahkan tertawa setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia.

Igor Strelkov diketahui memiliki nama asli Igor Girkin, kelahiran Moskow tahun 1970. Dia merupakan perwira militer Rusia berpangkat kolonel. Strelkov  masih bertugas di dunia intelijen pada Maret 2014.

Media Rusia  menyebutkan bahwa Strelkov sudah resmi pensiun dari tugasnya di Dinas Intelijen Rusia (FSB). Sebelumnya dia bekerja pada Direktorat Pemberantasan Terorisme Internasional FSB.)

Saat konflik Ukraina-Rusia 2014 yang berbuntut bergabungnya Crimea ke Moskow, Strelkov memiliki peranan yang cukup vital. Dia diketahui membentuk kelompok milisi yang berisi relawan, tapi memiliki pengalaman militer. Relawan yang direkrut itu sebagian besar pernah terlibat dalam operasi militer Rusia di Chechnya, Yugoslavia, Irak, dan Suriah.

Sebelum krisis Ukraina, Strelkov juga diketahui ikut terlibat dalam konflik di Yugoslavia. Perannya sebagai relawan itu turut memiliki andil hingga negara Balkan tersebut pecah menjadi beberapa negara pada awal tahun 1990-an. Dia pun juga pernah mengabdi untuk Rusia di Chechnya tahun 1999-2005. Berkat kelihaiannya itulah Chechnya gagal memisahkan diri dari Rusia.

Maskapai Malaysia Airlines yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur jatuh ditembak rudal BUK di sebelah timur Ukraina. Pesawat jenis Boeing 777 itu dilaporkan jatuh di antara wilayah Rusia dan Ukraina. Sebanyak 295 orang yang berada di dalam pesawat itu dilaporkan tewas, termasuk 12 warga negara Indonesia.

Ukranina Tuduh Rusia

Pemerintah Ukraina menuduh pihak Rusia terlibat aktivitas militer di perbatasan kedua negara. Pihak Kedubes Ukraina di Jakarta lewat rilisnya , Jumat (18/7/2014), menyebutkan kesaksian sejumlah warga kota Gukovo, wilayah Rostov, yang masih berada di wilayah Rusia, yang memposting sebuah video yang memperlihatkan tembakan misil BUK dari arah perbatasan Rusia, pada 16 Juli.

Beberapa ahli kemudian membandingkan video warga dengan peta wilayah setempat. Peta itu menunjukkan lokasi warga yang merekam video dengan lokasi misil Rusia yang ditembakkan. Perbatasan antara Rusia dan Ukraina digambarkan dalam garis batas berwarna kuning di dalam peta.

Ukrania menuduh Rusia terus mengumpulkan pasukannya di dekat perbatasan kedua negara, tempat Rusia mengumpulkan pasukan dan senjatanya untuk melawan pasukan Ukraina. Namun pihak Rusia membantah keterlibatannya secara langsung di perbatasan.

Siaran pers pihak Ukraina ini dikirim sehari setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 diroket di perbatasan Ukraina-Rusia. Kedua negara saling tuding bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat sipil berisi 298 orang itu.(Ais)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru