Wednesday, July 17, 2019
Home > Berita > HUT ke-492 Jakarta, Gubernur Anies Ingin Warga Ibu Kota Ubah Perilaku di Jalanan

HUT ke-492 Jakarta, Gubernur Anies Ingin Warga Ibu Kota Ubah Perilaku di Jalanan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku memiliki harapan tersendiri di HUT ke-492 Jakarta yang jatuh pada Sabtu (22/6/2019) besok. Dia berharap warga berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Anies mengatakan tema HUT Ibu Kota tahun ini membawa semangat baru yang bukan hanya masalah pembangunan insfrastruktur, tetapi juga perilaku warganya juga harus diubah.

Salah satu yang diharapkan Anies dalam HUT ini makin banyak warga yang beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum seperti kereta MRT, LRT, dan Bus TransJakarta.

Masyarakat diminta untuk mengubah perilaku penggunaan jalan dengan mengandalkan kaki sebagai alat transportasi utama bukan kendaraan pribadi.

“Urutannya diubah, dulu nomor satu fasilitas kendaraan pribadi baru kemudian kendaraan umum, baru kemudian untuk sepeda dan pejalan kaki. Sekarang diubah, nomor satu adalah fasilitas untuk pejalan kaki, untuk sepeda, kendaraan umum, baru kendaraan pribadi, jadi kebaruan itu bukan hanya penampilan fisik, tapi juga pada mindsetnya,” kata Anies saat ditemui di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2019).

Di kesempatan yang sama, Anies juga mengajak seluruh warga Ibu Kota untuk berkumpul di Malam Puncak Perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/6/2019) sore-malam.

“Kita berharap semua warga Jakarta, mari kita mensyukuri apa yang sudah kita dapat dari Jakarta dan apa yang sudah kita kerjakan untuk Jakarta dan Insya Allah kedepan lebih baik lagi,” ucap Anies.

Sementara, saat ini panitia sedang mempersiapkan empat panggung perayaan HUT ke-492 Jakarta dengan panggung utama yang akan dibangun berada di tengah Bundaran HI.

Besok di tempat ini akan digelar berbagai acara yang dibagi menjadi tiga babak dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta mulai pukul 19:30 – 20:00 WIB.

Acara ini memadukan unsur tradisional dan teknologi, dengan menampilkan tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive. (S/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru