Tuesday, December 12, 2017
Home > Berita > HUT ASEAN ke-50 menjadi contoh di kawasan Timur Tengah

HUT ASEAN ke-50 menjadi contoh di kawasan Timur Tengah

Acara 50 tahun ASEAN di Doha, Qatar, awal minggu ini. (bd)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – ASEAN tumbuh sebagai organisasi yang tangguh dan matang dan tidak hanya lebih kuat dalam menghadapi tantangan, tapi juga menjelma menjadi komunitas serta berperan mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Demikian sambutan yang disampaikan Ketua ASEAN Community in Doha (ACD), H.E.  Soothorn Chaiyindeepum, dari Thailand pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 ASEAN di Doha yang dilakukan di Kedubes Thailand pada awal minggu ini.

Perayaan 8 Agustus 2017 itu dilakukan dengan pengerekan bendera ASEAN, disambut dengan suka cita oleh Duta Besar dan komunitas ASEAN.

Acara perayaan dihadiri kalangan diplomatik negara anggota ASEAN di Qatar (Indonesia, Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam), pejabat Qatar, wakil dari masing-masing komunitas ASEAN, pelaku usaha, akademisi dari berbagai universitas di Qatar serta media Qatar.

Dubes Soothorn menyampaikan peran dan kontribusi ASEAN dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di kawasan.

Ia memaparkan,  jumlah penduduk sekita 622 juta dengan GDP yang mencapai USD 2,6 trilyun, ASEAN merupakan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan ketujuh di dunia.

ASEAN juga menarik  investasi asing langsung (FDI) lebih dari USD 120 milyar  sehingga berperan dalam pertumbuhan ekonomi Asia. ASEAN juga menjadi bagian dari Regional Comprehensive Economic Parnertship (RCEP)  yang terdiri dari 16 negara yang mencakup 45 persen populasi dunia dengan GDP sekitar USD 21,3 trilyun dan menguasai total 40 persen perdagangan dunia.

Dubes Thailand juga mengutarakan pula perkembangan hubungan kerjasama ASEAN dan Dewan Negara-negara Teluk (GCC) yang telah berlangsung sejak 27 tahun lalu.  Dalam rangka HUT ASEAN ke-50, ACD akan mengadakan ASEAN Seminar  guna mempromosikan potensi ekonomi dan Investasi ASEAN bagi pelaku usaha Qatar serta menyelenggarakan ASEAN Food Festival pada bulan Oktober 2017.

Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Muhamad Basri Sidehabi, mengatakan ASEAN telah berhasil membawa kedamaian dan stabilitas di kawasan sehingga diharapkan menjadi satu komunitas yang terintegrasi.

Komunitas ASEAN yang berjumlah sekitar 300 ribu orang atau sebanyak penduduk asli Qatar berperan dalam pembangunan sosial ekonomi khususnya di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi atau TTI.

Menurut anggota Working Group ACD, Boy Dharmawan, ACD berperan dalam memaksimalkan potensi ekonomi dengan memanfaatkan kebijakan look east  Qatar dalam mengembangkan kerja sama ekonomi dan investasi.

Selain itu, katanya, perayaan HUT ASEAN ke-50 dan keberhasilan ASEAN sebagai organisasi,   menjadi lesson learned  dan  contoh oleh akademisi dan pemangku kepentingan  di Qatar mengenai organisasi regional.  (Sp/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru