Saturday, April 04, 2020
Home > Berita > Harlah ke-94 NU, 500 Ribu Jemaah Istigosah Kubro di GOR Sidoarjo

Harlah ke-94 NU, 500 Ribu Jemaah Istigosah Kubro di GOR Sidoarjo

Suasana Istigosah Kubro Harlah NU di GOR Delta Sidoarjo, Jatim. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Surabaya) – Sebanyak 500 ribu jemaah memadati GOR Delta Sidoarjo mengikuti acara Istigosah Kubro Harlah ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) yang di selenggarakan PWNU Jawa Timur, Minggu (9/4).

Jemaah NU ini doa bersama bertema ‘Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah’. Mereka datang dari berbagai kota di Jatim itu tidak hanya memenuhi tribun saja, tetapi rumput hijau lapangan GOR Delta berubah menjadi putih bak lautan manusia.

Begitu juga di luar stadion, ribuan jemaah juga tidak bisa masuk karena kapasitas GOR Delta tidak bisa menampung. Para jemaah harus menggelar tikar dan duduk di atas aspal Jalan Lingkar Barat, Pagerwojo dan sekitar GOR.

Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah menyatakan, acara Istigosah Kubro ini sekaligus untuk memperingati Harlah NU ke-94.

Dalam doa bersama ini, warga NU semua mengharapkan perlindungan dijauhkan dari segala macam bencana, mala petaka, dan semua warga NU di jauhkan dari persoalan narkoba.

“Harapan doa ini, semoga negara kita dijauhkan dari segala macam bencana, malapetaka, bahaya narkoba untuk anak dan cucu serta semuanya,” katanya

Pantauan di lapangan, hadir dalam acara doa bersama ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin beserta para pejabat utama Polda Jatim, Wagub Jatim H. Saifullah Yusuf, Ketua DPRD H. Halim Iskandar, Ketua Tanfidziyah PWNU KH Mutawakkil Alallah, KH Miftahul Achyar, KH Anwar Iskandar, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Setya Novanto, dan tamu undangan lain.

Untuk mengamankan jalannya Istigosah Kubro, Polda Jatim menurunkan 8.000 anggota yang disebar di seluruh akses jalan dan sekitar lokasi. Pengamanan yang dilakukan secara ekstra itu karena jumlah peserta yang hadir dalam acara akbar itu diperkirakan mencapai 500.000 bahkan lebih.

“Total anggota yang dilibatkan 8.000 anggota dari seluruh jajaran 39 Polres/Polresta di Jatim. Itu belum termasuk jajaran samping dari TNI atau unsur lain,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru