Thursday, June 04, 2020
Home > Berita > Harga Daging Ayam Terus Melambung, Banyak Pedagang Ogah Gelar Lapak

Harga Daging Ayam Terus Melambung, Banyak Pedagang Ogah Gelar Lapak

Ilustrasi. (is

MIMBAR-RAKYAT.Com (Sukabumi) – Harga daging ayam melonjak tajam, membuat puluhan pedagang mengosongkan lapaknya di pasar dan ogah jualan.

Suasana di Pasar Semimodern Cibadak, Sukabumi, Jumat (16/3) dari sekitar 50 lapak daging ayam hanya setengahnya yang masih bertahan berjualan. Keterangan dari mereka penyebab kenaikan harga lantaran pasokan minim.

Saat ini, harga daging ayam per kilogram mencapai Rp 37 ribu dari sebelumnya berkisar Rp 30 ribu.

Umi, pedagang ayam mengaku tak bisa berjualan lantaran stok ayamnya kosong. Padahal, biasanya per hari dia bisa memotong ayam mencapai 300 ekor. Menurutnya, ayam hidup sebelum naik per kilogram Rp 20 ribu kini naik Rp 5.000 menjadi Rp 25 ribu.

“Harganya sekarang mahal. Stoknya kosong. Kalau menjual daging ayam per kilonya Rp 35 ribu, tidak ada untungnya. Minimal harus dijual Rp 38 ribu. Ayamnya sekarang susah, hari ini saya ngga bisa jualan,” keluhnya.

Deden, pedagang ayam lain mengeluhkan hal serupa. Malah, dia memperkirakan harga daging ayam tak akan turun lagi menjelang bulan puasa. Akibat kenaikan itu, omset penjualannya turut turun.

“Biasanya per hari bisa jual 400 ekor, sekarang paling 300 ekor. Harganya antara Rp36 ribu-Rp37 ribu per kilonya. Ayamnya susah jadi itu mungkin yang buat mahal. Kenaikan ini sudah terjadi hampir seminggu. Saya harap sih pasokannya normal agar kembali turun,” harap Deden.

Evi, konsumen daging ayam mengeluhkan kenaikan harga. Warga Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak ini biasanya membeli per harinya 15 kilogram, namun setelah naik paling sekitar 10 kilogram.

“Saya kan beli ayam untuk jualan di rumah makan. Sudah seminggu ini naik terus, dan sekarang sudah Rp 37 ribu. Kalau diitung-itung, keuntungan berkurang kalau harganya seperti sekarang,” cetusnya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru