Monday, December 16, 2019
Home > Hukum > Habib Novel Bamukmin (Bukan Alaydrus) Menyerahkan Diri

Habib Novel Bamukmin (Bukan Alaydrus) Menyerahkan Diri

MIMBAR-RAKYAT.com (Jkarta)-Tersangka Habib Novel Bamukmin ( bukan Habib Novel Alaydrus) yang masuk daftar pencarian orang (DPO) atau otak penggerak aksi massa Front Pembela Islam (FPI) dalam bentrok di Balai Kota dan Gedung DPRD DKI Jakarta menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu Sore.

“Benar, sekarang dia sedang diperiksa di Polda Metro Jaya, dan statusnya sudah tersangka dan kemungkinan bisa ditahan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombespol Heru Pranoto, Rabu Sore. 

Heru mengatakan, penyerahan diri Habib Novel Bamukmin  ke Polda Metro Jaya tidak lepas dari upaya kepolisian untuk melakukan dua pendekatan, yakni melalui orang-orang terdekat, serta melalui pengumuman DPO. 

Heru mengatakan, selain melakukan pendekatan persuasif, polisi juga melakukan langkah yang sifatnya paksaan, yaitu dengan cara penangkapan. Cara ini sudah dimulai dengan penetapan Novel sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO)

“Ternyata dia memilih langkah kedua (persuasif),” ujarnya.

“Untuk hasil pemeriksaan, kita tunggu saja, sementara masih dilakukan pemeriksaan secara maraton,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah menyebarkan gambar Habib Novel Bamukmin  ke berbagai jajaran tingkat kepolisian, karena telah beberapa kali dipanggil namun tersangka tidak datang.

Sementara itu, bentrok antara FPI dan aparat keamanan terjadi pada hari Jumat (3/10) sekitar pukul 14.30 WIB di depan Balai Kota dan Gedung DPRD DKI Jakarta.

Usai peristiwa itu, Polda Metro Jaya menetapkan total 21 tersangka, dan di antaranya empat tersangka adalah anak di bawah umur.

“Meski demikian semua tersangka akan menjalani proses hukum, sebab FPI bisa berbuat, harus bisa pula bertanggung jawab,” katanya. (Ais)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru