Tuesday, October 23, 2018
Home > Berita > Gunung Api Fuego di Guatemala Tewaskan 99 Orang, 192 Masih Hilang

Gunung Api Fuego di Guatemala Tewaskan 99 Orang, 192 Masih Hilang

Gunung Api Fuego, di Guatemala. (Foto: All Jazeera)

Gunung Api Fuego, di Guatemala. (Foto: All Jazeera)

Mimbar-Rakyat.com (Guatemala City) –   Ledakan di gunung berapi Fuego di Guatemala, Rabu (6/6) waktu setempat yang melepaskan semburan lumpur dan abu baru di lereng, membuat korban tewas bertambah menjadi setidaknya 99.

Badan Ilmu Forensik Nasional, seperti dikutip dari Aljazeera.com, mengatakan bahwa sejauh ini baru  28 mayat yang telah berhasil diidentifikasi. Namun badan manajemen bencana Guatemala menyatakan mereka memiliki data lebih lengkap.

“Kami sudah memiliki data dengan nama dan lokasi di mana ada orang yang hilang dan jumlah itu 192,” kata Sergio Cabanas, kepala badan manajemen bencana Guatemala, kepada wartawan pada hari sebelumnya.

Jumlah korban tewas naik menjadi 99, 12.000 dievakuasi, dan 192 orang masih hilang.

Sementara Presiden Jimmy Morales dikritik di media sosial karena menunggu secara pasif untuk bereaksi terhadap penawaran bantuan internasional.

Badan penanganan bencana nasional Guatemala, CONRED, mengatakan 1,7 juta orang telah terkena dampak letusan gunung berapi, yang terbesar dalam empat dekade, dan lebih dari 12.000 telah dievakuasi.

Relawan juga mendistribusikan bantuan kemanusiaan, termasuk air minum bersih, kepada para korban.

Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah mengatakan mereka telah membebaskan lebih dari 250.000 franc Swiss ($ 253,446) dari dana darurat global untuk mendukung upaya-upaya darurat garis depan.

Dana ini akan membantu “Palang Merah Guatemala mendukung 3.000 orang yang paling rentan yang selamat selama tiga bulan.”

Gunung berapi Fuego 3,763 meter, adalah salah satu dari beberapa gunung berapi aktif di antara 34 di negara Amerika Tengah. Itu terletak di dekat kota kolonial Antigua, situs warisan dunia UNESCO yang telah selamat dari beberapa letusan besar.

Volcan de Fuego memuntahkan aliran lava panas-panas sepanjang 10 km dan menembakkan asap tebal dan asap hitam pada hari Minggu dan menghujani beberapa wilayah dan ibu kota, Guatemala City, 30km dari daerah yang paling parah terkena dampaknya.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru