Monday, July 06, 2020
Home > Berita > Gubernur Ridwan Kamil: New Normal di Jawa Barat Dimulai 1 Juni 2020

Gubernur Ridwan Kamil: New Normal di Jawa Barat Dimulai 1 Juni 2020

Ridwan Kamil.

MIMBAR-RAKYAT.Com (Bandung) – Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil memastikan Jabar mulai memberlakukan new normal atau kehidupan normal yang baru pada tanggal 1 Juni 2020. Adapun pada pekan ini pemerintah daerah dan instansi terkait bakal melakukan sosialisasi terlebih dulu.

“Ya, kita akan mulai kurang lebih di hari Senin, jadi hari Rabu ini sampai Minggu kita sosialisasi,” kata dia di Mapolda Jabar, Rabu (27/5).

Selain melakukan sosialisasi, menurut Emil, pada pekan ini institusi kepolisian dan TNI bakal mengukur jumlah penempatan personel di titik keramaian seperti mal.

Dia meminta kepada media agar penerapan new normal di Jabar mulai disosialisasikan kepada masyarakat.

“Pak Kapolda butuh waktu untuk mengukur jumlah pasukan di mal, yang tadinya di mal enggak ada TNI dan Polri kan karena perintah presiden selama 14 hari harus ada dulu melatih disiplin kan harus dihitung ya. Itu butuh waktu sampai Minggu kita melakukan pemetaan itu,” ucap dia.

Emil menambahkan, new normal akan diterapkan dengan didasarkan atas level kewaspadaan di tingkat kelurahan. Nantinya, terdapat level hitam hingga hijau di kelurahan yang ditentukan wali kota ataupun bupati kemudian dirilis oleh Pemprov secara online.

Hanya pusat keramaian di level biru dan hijau yang diperkenankan dibuka.

“Zona biru atau zona hijau di level kelurahan-kelurahan, Bandung juga melakukan itu. Memang rumit harus dicek dulu tapi logikanya yang hitam dan merah tidak boleh ke kuning, biru, dan hijau. Intinya, kita tidak lagi melakukan manajemen skala makro, jadi sudah diputuskan tadi bahwa mulai Minggu ini manajemen kita skala mikro,” papar dia.

“Minggu ini nanti saya rilis online ya kelurahan mana yang sudah kuning, biru dan hijau. Mudah-mudahan lah jadi percontohan. Kita juga capek dan melelahkan tapi kita harus optimis. Hasil tidak membohongi proses lah,” pungkas dia. (K/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru