Friday, August 07, 2020
Home > Berita > Gubernur DKI Djarot: PNS Ingkari Pancasila Cari Saja Negara Lain

Gubernur DKI Djarot: PNS Ingkari Pancasila Cari Saja Negara Lain

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung penuh pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menyebut, pegawai negeri sipil (PNS) yang berseberangan dengan ideologi negara untuk mengundurkan diri.

Djarot mengatakan, setiap PNS sudah disumpah untuk setia pada negara termasuk ideologinya. Karenanya, PNS yang berseberangan dengan Pancasila, telah melanggar sumpahnya.

”Ya pasti dong. Kalau sebagai PNS kan disumpah bahwa dia harus setia pada idelologi Pancasila. Kalau dia sudah nggak cocok sama Pancasila, nggak mau ideologi Pancasila ya udah mengudurkan diri saja. Secara gentle,” ujarnya di Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/7).

Politisi PDI Perjuangan ini menilai tidak patut jika PNS sebagai perangkat negara mengingkari Pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia. Bahkan Djarot menegaskan, PNS yang tidak setuju dengan Pancasila harus hengkang dari NKRI.

“PNS mengingkari ideologi Pancasila cari saja negara lain atau pindah saja. Bukan hanya pindah sebagai PNS tapi pindah ke negara lain yang sesuai dengan ideologi dia, iya nggak?” tandas Djarot.

Sebelumnya beredar dokumen yang memuat nama-nama pengurus dan simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). HTI secara resmi telah dibubarkan pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2/2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan ata Ormas. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru