Friday, July 10, 2020
Home > Berita > Gubernur Djarot Minta Kewenangan Setingkat Menteri Untuk Menata Jakarta Megapolitan

Gubernur Djarot Minta Kewenangan Setingkat Menteri Untuk Menata Jakarta Megapolitan

Gubernur Djarot Saiful Hidayat. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat minta diberikan kewenangan setingkat menteri, karena menata Jakarta tidak hanya dilakukan di dalam Jakarta saja, tapi juga meliputi penataan daerah penyangga yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Seharusnya DKI Jakarta bukan lagi berkonsep metropolitan, melainkan kota megapolitan. Untuk itu, menurut Djarot, Gubernur DKI perlu diberi kewenangan setingkat menteri,” tegasnya, Senin (31/) kepada wartawan di Balaikota.

Konsepnya Jakarta sudah bukan lagi kota metropolitan, tapi megapolitan. Artinya bangun Jakarta juga harus sekaligus menata kawasan sekitarnya, Jabodetabek. “Ini harus, ya,” ujarnya.

Mantan Walikota Blitar ini berpandangan, Gubernur DKI Jakarta perlu diberi kewenangan setingkat menteri untuk menata daerah penyangga tersebut. Menurutnya, kewenangan tersebut pernah diberikan Presiden Soekarno kepada Gubernur Jakarta terdahulu.

“Nanti iya. Itu kan tergantung. Ini kan lintas provinsi, Jakarta, Banten dan Jabar. Oleh karena itu, Gubernur Jakarta itu levelnya selevel menteri sebenernya. Karena ini namanya daerah khusus Ibukota. Ada kata khususnya lho,” imbuhnya

Dijelaskan, dengan kewenangan menata daerah sekitarnya, maka Gubernur DKI Jakarta dapat mengintigrasikan kawasan Jabodetabek untuk menjadi kota megapolitan. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru