Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Gubernur Anies Sidak, Kantor Kelurahan Harus Jadi Contoh Bagi Warga

Gubernur Anies Sidak, Kantor Kelurahan Harus Jadi Contoh Bagi Warga

Gubernur Anies sidak di Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Gubernur Anies yang datang sekitar 07:30 melihat fasilitas dan sistem kerja di Kelurahan Cikini. Dia didampingi Lurah Cikini, Ati Mediana.

Anies mengingatkan, lurah tidak sekadar pemimpin administrasi, tapi juga pemimpin wilayah yang dapat mengayomi warganya. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap kantor lurah terbuka bagi warganya dan menjadi contoh bagi warganya.

“Karenanya harus menguasai situasi di tempat ini bagaimana dengan tingkat kemiskinan, bagaimana dengan pengangguran, bagaimana dengan pelayanan kesehatan, bagaimana dengan pendidikan, apakah ada masalah narkoba,” ujar Anies.

Anies meminta Kantor Kelurahan tidak hanya secara pasif dalam artian hanya melakukan pelayanan secara administratif namun juga melakukan pendekatan kepada warganya dengan merespon segala permasalahan yang dihadapi.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menyatakan sidak yang dilakukannya pagi ini tidak untuk mencari kesalahan bawahannya.

“Tujuannya bukan mencari masalah, bukan mencari problem, bukan menjebak orang, tapi tujuannya mari bekerja sama-sama, kita ingin semua aparatur bekerja Bersama mengubah Jakarta,” tandasnya.

Dia meninjau bebera ruang di kelurahan itu, untuk melihat kesiapan aparat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Anies menyatakan, saat sidak mendapati satu bagian, satu pegawainya sudah datang pada pukul 07:30. “Di bagian itu, ada tiga orang, satu orang sudah datang pukul 07:30,” katanya.

Menurut dia, untuk melayani masyarakat, aparat kelurahan harus datang lebih pagi lagi. “Ingat lho, pukul 07:30 itu dimulainya pelayanan, berarti petugasnya harus lebih pagi lagi hadirnya,” ujarnya.

Anies menyebut sidak dilakukan bukan untuk mencari kesalahan tapi saling mensinergikan diri dengan jajarannya. “Kami ini sidak tujuannya bukan mencari masalah, problem tapi kerja sama bareng-bareng dengan lainnya,” katanya.

Diakatakannya, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan seluruh jajarannya dengan membangun komunikasi yang baik. Dia ingin kelurahan menjadi ujung tombak data bagi Pemprov DKI Jakarta.

“Lurah harus yang pertama tahu, apakah ada masalah narkoba, pendidikan bukan semata-mata kantor yang menerima kalau ada mengurus surat-surat saja,” tuturnya.

Anies secara khusus berpesan pada lurah untuk lebih terbuka bagi warga. Dia juga ingin lurah menjadi contoh yang baik bagi warga.”Kami ingin di kelurahan masalah selesai dengan tuntas dan direspons dengan baik. Di kelurahan harus ada kedisiplinan untuk contoh, kebersihan untuk contoh warga,” katanya.

Anies menyebut dalam sidaknya cukup terkesan dengan inisiatif lurah dalam menjalankan program. Dia mengaku terkesan dengan bank sampah yang dibangun swadaya oleh lurah. “Jadi ini tadi ada satu bank sampah, saya apresiasi inisiatifnya,” tegasnya. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru