Saturday, April 04, 2020
Home > Berita > Grup Astra Konsisten Dengan CSR

Grup Astra Konsisten Dengan CSR

Bupati Gunungkidul Badingah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan, Direktur PT Astra International Tbk Djoko Pranoto dan Ketua YPA-MDR Arietta Adrianti mencoba membatik pada acara peresmian dan serah terima gedung SMKN 2 Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta pada awal 2015. (dok)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Astra International telah menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial sejak lebih dari 40 tahun lalu. 

Astra menjalankan kegiatan CSR secara menyeluruh melalui tiga jalur, dimana Astra International sebagai perusahaan induk (holding company), anak-anak perusahaan dalam enam lini bisnis yang didukung oleh 198 perusahaan dan sembilan yayasan pada 2015.

Kegiatan tanggung jawab sosial Astra terfokus pada empat pilar, yaitu pendidikan, lingkungan, Income Generating Activities (IGA) dan kesehatan.

Dalam bidang pendidikan Astra telah membina 14.987 sekolah, dalam bidang lingkungan Astra telah menanam 3.567.237 pohon, dalam bidang IGA Astra telah membina 853 kelompok dan dalam bidang kesehatan Astra telah mengobati 116.093 pasien.

“Pada 2015, kami menandai pencapaian di bidang lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui kontribusi konsisten yang dilakukan dalam berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan dengan fokus pada empat pilar,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam siaran pers kepada media, Selasa.

Ia menambahkan, pada laporan kinerja Astra 2015, Astra pada dalam bidang pendidikan membina 5.021 guru, dalam bidang lingkungan Astra menanam 26.700 pohon mangrove, dalam bidang IGA penyerapan tenaga kerja mencapai 3.548 sepanjang 2015 dan dalam bidang kesehatan Astra mengumpulkan 48.037 kantong darah.

Selain melalui empat pilar utama dan sembilan yayasan, Astra juga menyelenggarakan program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober.

Program ini bertujuan memberikan apresiasi kepada pemuda-pemudi Indonesia berusia di bawah 35 tahun yang telah membuat perubahan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya melalui lima bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, UKM, Kesehatan dan Teknologi.

PT Astra International Tbk memberikan bantuan dana sebesar Rp 55 juta kepada setiap penerima apresiasi SATU Indonesia Awards dan pembinaan setelah mereka menerima apresiasi.

Sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2010 hingga tahun 2015, program ini telah memberikan apresiasi kepada 32 pemuda-pemudi di seluruh Indonesia.

“Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Astra, sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957 senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Prijono.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru