Wednesday, March 20, 2019
Home > Berita > Gol Tunggal Luthfi Kamal Bawa Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-22 2019

Gol Tunggal Luthfi Kamal Bawa Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-22 2019

Timnas Indonesia U-22 bentrok dengan Vietnam pada laga semifinal di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019) sore WIB. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Kamboja) – Timnas Indonesia U-22 memastikan tiket ke final Piala AFF U-22 2019 usai mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 pada laga semifinal di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019) sore WIB.

Gol tunggal Garuda Muda diciptakan Muhammad Luthfi Kamal lewat tendangan bebas pada menit 70.

Di laga final yang akan dihelat di tempat yang sama pada Selasa (26/2/2019), Indonesia akan berhadapan dengan pemenang laga semifinal lainnya antara Thailand kontra tuan rumah turnamen, Kamboja petang nanti pukul 18.30 WIB.

Jalannya Pertandingan

Pada 10 menit awal laga, Timnas Indonesia U-22 tampil lebih menekan dengan lebih banyak bermain di area pertahanan Vietnam. Meski demikian, serangan-serangan tim asuhan Indra Sjafri selalu kandas, sebagaimana penyerang andalan Garuda Muda, Marinus Wanemar dijaga dengan ketat.

Vietnam sendiri sempat mengancam gawang Indonesia lewat sebuah crossing pada menit 20. Namun beruntung sundulan penyerang Tran Duc Nam masih melayang diatas mistar gawang Indoensia kawalan kiper Awan Setho Raharjo.

Hingga pertengahan babak pertama, Timnas Indonesia U-22 masih kesulitan menembus barisan pertahanan lawan. Sementara Vietnam seperti selalu menunggu kesempatan yang tepat untuk melakukan counter-attack.

Gelandang Indonesia, Sani Riski Fauzi sempat mengancam dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti pada menit 36. Akan tetapi, sepakan keras pemain bernomor punggung 23 tersebut masih mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Vietnam, Phan Van Bieu.

Hingga babak pertama rampung, tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tetap bertahan hingga half-time.

Memasuki paruh kedua, kedua tim langsung berani jual-beli serangan. Indonesia memiliki peluang emas mencetak gol di menit 48. Kesempatan itu bemula dari crossing Witan Sulaeman dari sisi kanan.

Bola yang melambung ke tiang jauh tersebut mampu disundul dengan dengan baik oleh Marinus Wanewar. Akan tetapi, sundulan Marinus bisa ditepis kiper Phan Ban Bieu yang berdiri di posisi yang tepat.

Gawang Vietnam sendiri akhirnya mampu dijebol Indonesia pada menit 70. Gelandang Muhammad Luthfi Kamal berhasil mengeksekusi tendangan bebas dengan apik untuk membuat Indonesia unggul 1-0.

Satu gol dari Indonesia cukup mempengaruhi mental bermain Vietnam. Indonesia pun sempat kembali mengancam.

Witan coba memberikan umpan terobosan mendatar kepada Marinus yang berlari ke dalam area kotak penalti. Akan tetapi, bola dari Witan terlalu deras sehingga tidak sempat dieksekusi dengan baik oleh Marinus. Sayang!

Well, tak ada tambahan gol lagi di sisa pertandingan. Timnas Indonesia U-22 menang 1-0 atas Vietnam dan berhak melenggang ke final Piala AFF U-22 2019.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22: Awan Setho Raharjo: Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah; Sani Rizki Fauzi, Gian Zola Nasrulloh Nugraha; Osvaldo Ardiles Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaiman.

Pelatih: Indra Sjafri.

Timnas Vietnam U-22: Phan Van Bieu; Nguyen Van Dat, Dung Quang Nho, Nguyen Van Hanh, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Hung Thien Duc; Tran Thanh Son, Nguyen Huu Thang, Phan Thanh Hau, Le Van Xuan; Tran Duc Nam.

Pelatih: Nguyen Quoc Tuan. (S/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru