Friday, November 22, 2019
Home > Berita > Gempabumi Tektonik M 5,7 Guncang Kota Sabang

Gempabumi Tektonik M 5,7 Guncang Kota Sabang

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Wilayah Laut Andaman, 197 km arah barat laut Kota Sabang,  diguncang gempabumi tektonik  pada Kamis  (17/1) pukul 09.53.03 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,6.

Episenter gempabumi, menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyon, S.T., Dipl.Seis., M.Sc terletak pada koordinat 7,08 LU dan 93,98 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 197 km arah barat laut Kota Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, pada kedalaman 70 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut Rahmat seperti kikutip dari website BMKG, gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Andaman ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di daerah Sabang dan Banda Aceh II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 10.22 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru