Monday, August 19, 2019
Home > Berita > Gelar Pelatihan di Lampung, Penegak Hukum Kompak Berantas Korupsi

Gelar Pelatihan di Lampung, Penegak Hukum Kompak Berantas Korupsi

Wakil Ketuan KPK Basaria Panjaitan dan penegak hukum dalam pelatihan di Lampung. (k)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Lampung) – Guna meningkatkan sinergitas dalam memberantas tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, Kejaksaan, Oditur Militer (Otmil), Polisi Militer Tentara Nasional Indonesi (POM TNI), Badan Pengawas Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, menggelar pelatihan di Ballroom Hotel Novotel, Kota Bandar Lampung, Senin (8/10) siang.

“Selain meningkatkan sinergitas, tujuan kegiatan pelatihan ini adalah guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penegak hukum dalam menangani perkara, sesuai dengan UU RI No 28 Tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas dari KKN,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.

Tidak hanya itu, lanjut Basaria Panjaitan, pelatihan ini untuk memperbaiki bagaimana perkara yang ditangani, tidak bolak-balik dan prosesnya bisa cepat diselesaikan. “Sebab, aparat penegak hukum juga harus memperhatikan hak-hak tersangka,” ujarnya.

Menurutnya, KPK bukanlah pembuat UU melainkan hanya sebagai pemacu. Oleh sebab itu, KPK membutuhkan kerjasama dengan seluruh aparat penegak hukum dan dukungan masyarakat dalam mengungkap perkara KKN.

“Jika ditanya, apakah KPK ke Lampung ada target, tidak ada. Kegiatan ini diadakan di Lampung murni untuk meningkatkan sinergitas seluruh aparat penegak hukum dan kegiatan ini dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Intinya, tambah Basaria Panjaitan, selain meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang bersifat khusus, aparat penegak hukum juga perlu memperdalam pengetahuan tekhnis dalam penanganan khusus tindak pidana korupsi. (k/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru