Sunday, September 15, 2019
Home > Berita > Geger Uang Panai (Mahar) Ratusan Juta, Gubernur Sulsel Khawatir Pemuda Takut Nikah

Geger Uang Panai (Mahar) Ratusan Juta, Gubernur Sulsel Khawatir Pemuda Takut Nikah

Mahar nikah di Sulsel. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Comm (Makassar) – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengaku khawatir para pemuda takut untuk menikah. Pasalnya, belakangan muncul berbagai pemberitaan mengenai uang panai yang mencapai ratusan juta rupiah.

Uang panai adalah uang belanja untuk mempelai wanita yang diberikan oleh mempelai pria. Uang panai atau mahar sudah menjadi tradisi adat Suku Bugis yang terus dilestarikan hingga kini, tapi kini justru bikin heboh.

Melalui akun resmi Instagram @nurdin.abdullah, Nurdin Abdullah meminta agar berita mengenai mahalnya uang panai tidak perlu dibesar-besarkan. Sehingga menjadi momok bagi para pemuda yang hendak melangsungkan pernikahan.

“Yang kami takutkan, anak-anak muda semakin takut untuk menikah dan lebih memilih jalur yang tidak benar,” kata Nurdin Abdullah, Sabtu (15/6/2019).

Nurdin Abdullah menegaskan, uang panai merupakan bentuk tradisi budaya warga Bugis, Makassar. Namun, Nurdin Abdullah meyakini dalam sebuah pernikahan yang paling utama adalah niat dan usahanya.

“Uang Panai’ adalah salah satu budaya orang bugis makassar. Pada dasarnya, yang terpenting dalam sebuah pernikahan adalah niat dan usaha. Benar atau Betul?” ungkap Nurdin Abdullah.

Sebelumnya, beredar sejumlah berita yang menyebutkan uang panai seorang wanita mencapai Rp300 juta, tanah seluas 1 hektare, beras seberat 1 ton hingga seekor kuda.

Ada pula seorang wanita Bugis yang mendapatkan panai berupa cek sebesar Rp 500 juta dari pria yang meminangnya.

Berita tersebut pun langsung viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet. Banyak warganet yang terkejut dengan tingginya uang panai masyarakat Bugis. (S/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru