Thursday, June 04, 2020
Home > Berita > Gedung SD Cihaur Kuning Roboh

Gedung SD Cihaur Kuning Roboh

Gedung SD Cihaur Kuning rubuh. (yat.r)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Satu bangunan sekolah Dasar di Cihaur Kuning 1 Kecamatan Malangbong rubuh, Rabu (11/1) akibat kondisi bangunan lapuk dimakan usia, juga akibat diguyur hujan lebat.

Kepala UPT Pendidikan kecamatan Malangbong, Muhaimin, membenarkan ambruknya SD Cihaur Kuning 1.

“Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian itu. Selain kejadiannya malam hari, juga ruangan tersebut jauh-jauh hari memang sudah dikosongkan,” katanya.

Menurut kepala UPT. bangunan sekolah tersebut memang usianya sudah tua dan sudah dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut namun sampai sekolah ambruk tidak pernah ada bantuan rehab.

Muhaimin menambahkan, di Kecamatan Malangbong banyak bangunan SD yang rusak, baik rusak berat maupun ringan.

“Semuanya sudah di ajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Pemprov dan pemerintah pusat, namun belum pernah ada bantuan,” katanya.

Salah seorang snggota DPRD Garut Daerah Pemilihan (Dapil) IV, Aay Syarif Hidayat, menuding kejadian ambruknya bangunan SDN Cihaurkuning 1, Kecamatan Malangbong, akibat lambatnya pemerintah dalam menanggulangi sekolah-sekolah yang sudah tidak layak pakai.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Dinas Pendidikan masih jauh dari harapan.

Menurutnya, dalam pengalokasian rehabilitasi bangunan sekolah masih menganut sistem KKN. Untuk itu, Aay minta Kepala UPT Pendidikan beserta jajarannya harus lebih pro aktif mengawasi KBM. Khususnya, kondisi fisik bangunan sekolah.

Program “ Amazing “ yang digembor-gemborkan Bupati Garut, Rudy Gunawan masih belum menyentuh dan jauh dari harapan kita semua, katanya, Khususnya Malangbong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya serta Sumedang.

“Mengingat program Amazing tidak terasa dampaknya ke pelosok daerah, saya tekankan program Pak Bupati tersebut dikaji kembali. Masyarakat Malangbong sangat kecewa,” pungkas Aay.

Kasi dan Kabid SD disdik Garut saat dicoba ditemui sedang tidak berada di tempat.  (Yat. R/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru