Saturday, December 14, 2019
Home > Berita > Garut Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Garut Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Menhumham Yasonna Laoly. (liputan6)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Kabupaten Garut meraih presatasi cukup membanggakan, yakni mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan di Surabaya, medio minggu ini.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bagian dari peringatan HAM ke-68 secara nasional.

Selain Garut terdapat 228 Kabupaten dan Kota dari 34 Provinsi yang meraih pengghargaan serupa sementara untuk tingkat provinsi, ada10 daerah yang mendapat penghargaan.

Sedangkan 12 kantor wilayah Kemenkumham mendapatkan penghargaan karena mendorong lebih dari 50 persen kabupaten dan kota di wilayahnya untuk menjadi daerah peduli HAM.

Jumlah daerah yang meraih penghargaan meningkat signifikan sebesar 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini menandakan kepedulian pemerintah daerah terhadap isu-isu Hak Asasi semakin besar,” kata Menhumkam dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut Jawa Timur mendapat peringkat pertama sebagai Provinsi Peduli HAM karena terdapat 38 kabupaten/Kota di Jatim yang berhasil meraih penghargaan.

Sedang untuk sembilan provinsi lainnya adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sulawesi Utara.

Menhumkan mengatakan, sangat penting bagi pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk menjaga dan menjamin pemenuhan yang menjadi Hak-Hak mendasar masyarakat,

Pemerintah harus dapat memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan dan memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan, katanya.  (Yat/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru