Sunday, November 17, 2019
Home > Berita > Garuda Muda tahan Vietnam 0-0 kendati tampil dengan 10 pemain

Garuda Muda tahan Vietnam 0-0 kendati tampil dengan 10 pemain

Indonesia tahan Vietenam 0-0 di SEA Games Malaysia, Selasa malam. (surya)

MIMBAR-RAKYAT.com (Kuala Lumpur) – Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0 pada lanjutan pertandingan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Rabu (22/8) malam WIB, kendati, kendati nyaris sepanjang laga Indonesia dibuat kesulitan oleh Vietnam.

Garuda Muda harus bermain dengan 10 pemain setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah pada menit ke-62, akibat akumulasi kartu hukuman.

Begitu pluit babak pertama dibunyikan, kendali permainan langsung dipegang oleh Vietnam, sehingga Indonesia kelihatan sulit menguasai lapangan tengah dengan ketiadaan Evan Dimas karena akumulasi kartu kuning yang dia dapat ketika melawan Timor Leste.

Vietnam mendapatkan peluang melalui Ho Tuan Tai,  yang mendapat umpan lambung dari Doan Van Hau, tapi tendangannya menyamping ke luar gawang.

Indonesia mencoba menekan lewat sisi sayap kanan oleh Febri Hariyadi, tapi tendangannya masih belum menemui sasaran, sementara Vietnam begitu cepat ketika menyusun serangan balik.

Timnas Indonesia sempat memberikan ancaman untuk Vietnam pada menit ke-23, ketika tendangan dari luar kotak penalti Septian David memaksa kiper Vietnam Phi Minh Long melakukan penyelamatan dan meghasilkan tendangan penjuru untuk Indonesia.

Di penghujung berakhirnya babak pertama, kiper Timnas Satria Tama melakukan penyelamatan gemilang. Phong Hong Duy yang lolos dari penjagaan bek Timnas memberi umpan lambung ke area kotak penalti dan disambut Vu Van Thanh dengan sundulan, beruntung Satria Tama menepisnya.

Pada babak kedua, dimenit 55 Luis Milla melakukan pergantian pemain, Marinus Wanewar masuk menggantikan Ezra Walian. Pada Menit ke-56, Satria Tama melakukan penyelamatan gemilang usai meredam tendangan Nguyen Cong Phuong yang mengincar tiang dekat, setelah kejadian itu, ia sempat tergeletak karena mengalami cedera.

Petaka Timnas terjadi di menit ke 63,  ketika gelandang bertahan Timnas Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning kedua karena kedapatan wasit menyikut Ho Tuan Tai, sementara kiper Satria Tama yang cedera digantikan oleh Kartika Ajie.

Pada menit ke-70 Vietnam berhasil membobol gawang Indonesia, namun pemain Vietnam Nguyen Phong Hong Duy sudah terlebih dahulu terperangkap offside . Beberapa menit berselang, lagi-lagi gol Vietnam kembali dianulir karena pemain Vietnam sudah berada dalam posisi offside.

Berkurangnya satu pemain Timnas Indonesia membuat Vietnam begitu bebas menguasai lapangan tengah. Pada menit 78 pemain Vietnam Ho Tuan Tai kembali mengancam gawang tim Merah Putih usai bekerja sama dengan Vu Van Thanh, tapi tendangan Tuan Tai tidak tepat sasaran.

Pantas memberikan apresiasi kepada kiper Timnas Indonesia, karena di penghujung babak kedua kiper Timnas Kartika Ajie melakukan aksi penyelamatan yang heroik dengan menggagalkan tendangan Tuan Tai yang sudah bebas di depan gawang. Hingga tambahan waktu lima menit di babak kedua skor 0-0 pun tidak berubah.

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia terlempar dari posisi aman untuk ke semifinal, karena Vietnam mengoleksi sepuluh poin dan Thailand juga sepuluh poin. Sementara Indonesia mengoleksi delapan poin, hasil dari dua kali menang dan dua kali imbang.

Laga lain

Thailand menundukkan Filipina dengan skor 2-0 dan hasil itu membuat mereka mengumpulkan 10 poin dari empat kali bertanding dan menempati peringkat kedua dan Filipina berada di posisi keempat dengan raihan tiga angka dari empat kali berlaga sedangkan Timor Leste mengalahkan Kamboja 1-0.

Vietnam tetap memuncaki klasemen dengan merangkum 10 poin, sedangkan Indonesia berada di posisi ketiga dengan meraih delapan angka.  Atas hasil-hasil tersebut, dua jatah tiket ke semifinal kini diperebutkan oleh Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Hasil pada laga terakhir akan sangat menentukan bagi ketiga tim tersebut. Pertandingan Indonesia vs Kamboja dan Thailand vs Vietnam akan dilangsungkan bersamaan pada Kamis (24/8/2017) pukul 15.00 WIB.

Klasemen sementara Grup B SEA Games 2017:

Pos  Tim          M  M  S  K  Pts
1   Vietnam      4  3   1  0 10
2   Thailand     4  3   1  0 10
3   Indonesia    4  2  2  0   8
4   Filipina        4  1  0  3   3
5   Timor Leste 4  1  0  3   3
6   Kamboja      4  0  0  4   0

(hafidz/hcb/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru