Sunday, September 15, 2019
Home > Berita > Festival Permainan Tradisional Astra Perkuat Gotong Royong dan Kebersamaan

Festival Permainan Tradisional Astra Perkuat Gotong Royong dan Kebersamaan

Anak-anak dari KBA Lengkong Kulon Tangerang sedang bermain dagongan dalam laga final Festival Permainan Tradisional Berseri di RPTRA Ciganjur Berseri, KBA Ciganjur, Jakarta Selatan pada Minggu (27/8). Permainan ini merupakan kebalikan dari permainan tarik tambang. Dalam permainan ini kedua regu saling dorong untuk mencari kemenangan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Astra International Tbkv mengadakan Festival Permainan Tradisional Berseri di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur yang puncaknya pada Minggu.

Dengan mengusung tema “Permainan Untuk Anak Negeri”, diharapkan dapat mendorong dan memperkuat kebersamaan dan menanamkan sikap gotong royong sejak dini pada anak.

“Saya ingat betul main tapak dan main karet waktu kecil. Permainan tradisional semacam ini harus kita kenalkan kepada anak-anak kita untuk membudayakan gotong royong sejak dini,” ujar Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin dalam sambutannya.

Pada acara ini diadakan perlombaan permainan tradisional anak meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok, yang diikuti oleh anak-anak dari 13 KBA di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Puncak festival ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Permainan Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bayu Rahadian, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Rohika Kurniadi, CEO Happy Heart Foundation Sylvia Beiwinkler, Tokoh Permainan Anak Tradisional Endi Aras dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Secara khusus, kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini dibawakan juga kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur. Mereka adalah pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017.

Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan empat pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri (bersih, sehat, cerdas, dan produktif), sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.  (sp/kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru