Friday, December 13, 2019
Home > Berita > Festival makanan mi pedes di Pundong

Festival makanan mi pedes di Pundong

Mi pedes (Miedes) makanan khas Pondong. (tribun)

MIMBAR-RAKYAT.com (Bantul) – Festival makan Miedes (bakmi pedes) diadakan di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, untuk lebih mengenalkan makanan khas Pundong itu.

Pemerintah Kecamatan Pundong sengaja menyelenggarakan festifal kuliner itu guna mengangkat mengangkat potensi kuliner tradisional khas wilayah tersebut.

“Festival makan Miedes ini dimaksudkan untuk mengenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat luas terhadap makanan olahan khas Pundong ini,” kata Sekretaris Kecamatan Pundong Suyamto keteika menyaksikan a festival makan mi pedes itu, Rabu.

Miedes merupakan singkatan dari `bakmi pedes` makanan yang terbuat dari bahan baku tepung ketela yang diolah menjadi makanan siap saji dengan rasa pedas. Di Kecamatan Pundong merupakan sentra kuliner miedes tersebut.

Ia mengatakan, Festival Makan Miedes yang diadakan di halaman rumah produksi miedes Pundong itu panitia menyediakan sebanyak 2018 bungkus miedes yang kemudian dinikmati bersama-sama masyarakat setempat secara gratis.

“Dan tujuan kami agar nanti pangsa pasar miedes makin luas, tidak hanya di Bantul saja, melainkan di wilayah DIY, bahkan secara nasional. Harapannya wisatawan luar DIY bisa cicipi miedes khas Pundong,” katanya.

Sekcam Pundong menjelaskan, produksi miedes di wilayah Pundong sudah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat setempat, dan saat ini setidaknya sudah ada sekitar 50 pengusaha miedes yang tersebar di seluruh Pundong.

“Jumlahnya sekitar 50 pengusaha, baik yang memasak maupun yang produksi miedes. Dan untuk festival makan miedes ini kami melibatkan dua kelompok perajin miedes. Harapan kami festival makan miedes 2018 bungkus ini bisa pecarkan rekor,” katanya.

Menurut dia, selain Festival Makan Miedes di tempat yang sama juga diadakan Pundong Ekspo,

Gelar Teknologi Pertanian dan olahan pertanian itu melibatkan gabungan kelompok tani (gapoktan), perajin se-Pundong yang dikoordinir Dekranasda.   (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru