Wednesday, October 16, 2019
Home > Berita > Fahri Hamzah Yakin Banyak Calon di Pilpres 2019

Fahri Hamzah Yakin Banyak Calon di Pilpres 2019

Fahri Hamzah. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, koalisi partai politik menjelang Pilpres 2019 rumit karena landasan platform tidak jelas. Namun diprediksi koalisi akan tetap bisa terbentuk sekitar 9-10 Agustus.

“Selain rumitnya platform, juga karena tidak ada kesepakatan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait judicial review parlemen treshold. Jika MK ‘melahirkan’ keputusan 0 persen, maka koalisi akan bubar,” sebut Fahri.

Fahri memprediksi nantinya yang muncul dipermukaan adalah poros baru (tengah) yang dilihat publik lebih merupakan alternatif dari dua konflik tersebut. Namun, kemungkinan itu bisa terjadi kalau 20 persen oleh MK.

“Kalau tidak, koalisinya akan bubar. Tapi saya berfikir bahwa trend-nya akan ke arah sana (bayak calon), karena itu positif bagi perkembangan suasana pemilihan yang demokratis,” kata politisi PKS itu.

Menanggapi soal koalisi Partai Gerindra dan Demokrat, Fahri tak menampik kalau PKS juga akan kesulitan dalam menentukan koalisi dengan Gerindra. Sebab, Gerindra memiliki kalkulasi menang atau tidak.

“Dia juga tak mau koalisi kalau kalah. Karena ini ‘sudden dead’. Artinya, kalau bisa dua poros kan, langsung kalah,” pungkas anggota DPR asal Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) itu kepada wartawan, Sabtu. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru