Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Erdogan Resmikan Masjid Terbesar Turki di Istanbul

Erdogan Resmikan Masjid Terbesar Turki di Istanbul

Erdogan meresmikan masjid terbesar di Turki. Masjid baru di sisi Asia Istanbul ini butuh hampir enam tahun untuk menyelesaikan (Foto: Anadolu/Al Jazeera)

Erdogan meresmikan masjid terbesar di Turki. Masjid baru di sisi Asia Istanbul ini butuh hampir enam tahun untuk menyelesaikan (Foto: Anadolu/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – (Istambul) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan masjid terbesar dan terbaru di Turki pada hari Jumat (3/5).  Konstruksi di Kompleks Masjid Camlica itu dimulai tahun 2013 dan memiliki kapasitas 63.000 jamaah.

Pemegang rekor masjid di Turki sebelumnya dalam hal kapasitas adalah sebuah masjid di provinsi selatan Adana. Masjid Pusat Sabanci tersebut dibuka pada tahun 1998,  mampu menampung 28.500 jamaah. Masjid Camlica, yang memiliki kombinasi gaya arsitektur Ottoman dan Seljuk ini  berada di sisi Asia kota Istambul.

Membuka tempat ibadah terbesar di negara itu, Erdogan mengutuk serangan terhadap tempat-tempat ibadah. “Serangan atas nama agama di tempat-tempat ibadah atau warga sipil yang tidak bersalah merupakan terorisme, bukan jihad,” kata Erdogan seperti dilaporkan  The Daily Sabah dan dikutip Al Jazeera.

“Mereka yang menyerang masjid atau mereka yang menargetkan gereja memiliki mentalitas gelap yang sama, mereka semua adalah musuh bersama umat manusia,” tambah Erdogan.

Al Jazeera lebih lanjut melaporkan, masjid ini memiliki enam menara yang mewakili enam aspek utama dari kepercayaan Islam termasuk, kepercayaan pada satu Tuhan, para nabi, malaikat, buku-buku yang diungkapkan, hari penghakiman dan keputusan ilahi.

Selain masjid, bangunan ini juga memiliki museum seni Islam Turki serta perpustakaan, galeri, ruang konferensi, dan beberapa lokakarya.

Presiden Albania Ilir Meta, Presiden Guinea Alpha Conde, Presiden Senegal Macky Sall dan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh hadir dalam upacara tersebut, bersama dengan beberapa perwakilan internasional lainnya.

Masjid terbesar di Turki tersebut sebanding dengan Masjid Istiqlal di Jakarta yang ruang utamanya dapat menampung jamaah sekitar 61.000 orang. Namun mengutip Wikipedia,   untuk keseluruhan, termasuk ruang sayap dan terbuka, Istiglal mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah.

Istiqlal untuk ruang salat utama luasnya satu hektare dan dapat menampung jamaah lebih dari 16.000 orang. Kemudian ditambah dengan balkon 4 tingkat dan sayap disebelah timur, selatan, dan utara sehingga luas seluruhnya menjadi 36.980 meter persegi atau sama dengan hampir 4 hektare yang secara keseluruhan mampu menampung 61.000 jamaah.***Sumber Al Jazeera. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru