Monday, July 13, 2020
Home > Politik > Dukungan pada Prabowo-Hatta Menurun

Dukungan pada Prabowo-Hatta Menurun

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) –  Hasil survei yang dilakukan  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan penurunan dukungan terhadap pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Survei yang dilakukan 4-6 Agustus 2014 itu menunjukkan dukungan untuk calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Hatta mengalami penurunan drastis setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang Pemilu Presiden 2014.

“Justru dukungan terhadap Jokowi yang makin menguat meski ada responden yang tidak menjawab sebesar 12,55 persen,” kata peneliti LSI, Ade Mulyana, di Kantor LSI, Jakarta, Kamis (7/8).

Menurut dia, dukungan untuk Prabowo-Hatta saat ini hanya sekitar 30,39 persen, sementara dukungan untuk Jokowi-Jusuf Kalla mencapai 57,06 persen. Menurut dia, perolehan suara itu tak akan jauh berbeda jika pemungutan suara ulang (PSU) dilakukan sekarang.

Penurunan dan peningkatan dukungan tersebut juga terjadi dibanding perolehan suara resmi yang telah ditetapkan KPU. Keputusan resmi KPU, menetapkan Prabowo-Hatta meraih suara  46,85 persen dan  Jokowi-JK  53,15 persen.

Survei juga menunjukkan penyebab menurunnya dukungan bagi Prabowo-Hatta, antara lain karena turunnya pamor Prabowo yang tidak langsung menerima hasil penghitungan KPU.***

Ilustrasi: Kertas suara Pilpres 2014. (Foto Dokumentasi)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru